Saturday, May 29, 2010

stop dictate me about how to care my child!

Tadi pagi ada yang nanya, " keisha gemuknya gara2 susu ya? nga bagus loh gemuk karena susu". dan lalu dia menceramahi bla..bla..bla...

Duch.. paling malas kalo ada seseorang yang mendikte cara kita mengasuh anak kita..terlebih lagi kalo diutarakan dari seseorang yang anaknya sendiri malah g keurus ato bahkan belum punya anak!! wew...gimana bisa mengetahui apa yang baik atau tidak jika kamu belum menjalani..

Untuk klarifikasi ya..keisha tuh minum susunya masih dalam taraf wajar kok..apalagi sekarang cuma sekitar 600ml. siang minum susu cuma pengantar bobo siang aja, itu juga 120ml aja. klo malam sih masih suka  minta. dia masih suka ngigo minta susu sekitar 2-3 kali selama tidurnya. aku tau siy umur segini seharusnya kei udah nga bangun2 lagi..tapi gmn dung, nga tega, kalo nga dikasih dia bisa nangis..wong susunya terlambat dikit aja dia udah teriak2 (sambil merem) trus nendang2 gitu..

 Jadi kei gemuknya drmana? Ya seperti yang pernah aku tulis di post sebelumnya..selama ini aku ngasih kei makan sedikit tapi sering. dan ternyata hampir semua makanan kei berkalori tinggi. itu lah yang bikin dia ndut..
intinya siy jangan pernah bosen nawarin anak makanan. ya proporsional aja..kalo ngerasa dia makanan utamanya udah banyak yang masuk, cemilannya tunggu sekitar 2 jam lagi. klo sedikit yang dia makan ya kita ganti menu yang lain yang dia suka.

Orang lain mungkin ngeliat keisha pasti menyangka kalo dia doyan makan. Seandainya mereka tau, betapa picky nya keisha dalam hal makanan. masih inget, ketika keisha memasuki usia 10 bulan, yang sebelumnya dia doyan makan apa aja, tiba2 langsung menolak semua makanan..Pada saat itu aku sempet stress loh dengan situasi tersebut...untungnya aku ikutan milis Mpasirumahan, yang dari situ aku tau klo bukan cuma aku aja yang ngalamin, ternyata ada banyak jga anak yg lagi GTM aka Gerakan Tutup Mulut..hehehe...
Dari situ banyak yang nyaranin untuk coba ganti2 menunya..jadinya tuh setiap malam aku liat2 resep dari ibuk2 yang lain, buat dicoba besok ke keisha..sampai2 tuh pernah dalam satu kali waktu makan aku pernah masak 4 menu demi sesuap sendok masuk ke mulutnya kei..Pada saat itu tuh bener deh lokasi favoritku adalah dapur...karena bentar2 masuk dapur masak buat Kei..

Dulu malah keluarga sempet yang mencibir ketika aku sangat menjaga asupan makanan keisha before 1 y. Makanan Keisha harus home made, no gula n garam. apalagi penyedap..waduh...! no way!!... Kenapa? karena diusia itu, yang terbaik adalah memberikan masakan segar dengan rasa alami untuk baby..apalgi ternyata dri penelitian terbaru pemakaian gula dan garam sebaiknya dihindari karena akan memperberat kerja ginjal. Kasian kan... namun ketika aku jelasin hal tersebut ke keluarga besar suami ku..mereka malah bilang "kasian makanannya nga ada rasanya", atao such comment like this; "zaman dulu nga begitu".. well..whatever, yang penting aku tau yang baik buat anakku..

Alhamdulillah sih..sekarang Kei nga sesulit dulu makannya, meski masih picky...Jadi kalau emang ada yang terheran2 kenapa anak bisa keliat montok gitu (oiya, keisha gemuknya kenceng loh jd bukan gemuk lembek kya anak2 obesitas)...coba deh buat ibu2 introspeksi sendiri, anaknya udah dapat nutrisi yang cukup belum. udah maksimal belum nawarin makanan buat anaknya...ato waktunya lebih banyak buat ngobrol2? Buat aku sih sebenarnya sama aja anak gemuk atau langsing yang penting sehat dan nutrisinya tercukupi..(asal jangan kurus kaya kurang gizi ya).. mungkin juga metabolisme anak tersebut atau terlalu aktif yang bikin anak itu ga bisa gendut kaya anaknya sepupu ku yang porsi makan dan susunya lebih banyak dari kei.

Setiap anak itu unik dan punya kelucuan masing2..cuma memang aku lebih seneng ngeliat yang anak montok (bukan kegendutan) ..kayanya lebih seger dan lucu aja diliat..hehehe..
yang bikin aku nga suka adalah ketika anak nga mau makan dan si ibu hanya dengan entengnya bilang, "emang lagi masanya anak nga mau makan" lah..klo nga mau makannya berhari2 or berbulan2 gimna? bisa kekurangan gizi dong..kasiannya...aku lebih respect sama ibu2 yang meskipun anaknya nga mau makan tapi dia tetap usaha mencba berbagai makanan agar ada yang masuk ke perut anaknya.

Dan lebih bagus mana? balita dikasih minum susu or dikasih minum teh? aku tuh sangaaat heraaan...jika ada seorang ibu yang membiasakan anaknya minum teh or bahkan softdrink!!! Pliss deh...orang dewasa aja nga boleh minum teh/softdrink sering2 apalagi balita.. kenapa siy nga kasih susu aja atau jus? yang pastinya lebih sehat. padahal teh itu mengandung kafein dan bisa bikin anemia. hem...sekarang kan zamannya internet dimana nyari informasi tuh semuanya ada..ya coba dung rajin updet informasi mengenai anak..jangan cuma dipake buat chatingan n fesbukan...

Pada dasarnya sih aku seneng banget malah kalo ngobrol2 seputar dunia anak.. Dari situ kan bisa dapat informasi, tukar pengalaman, belajar.. dan aku masih pengen banyak belajar kok supaya bisa menjadi ibu yang lebih baik untuk keisha..but please...buat yang belum punya anak or udah punya anak tapi anaknya nga keurus....jangan mendikte saya apa yang baik untuk anak saya...hehehe...:)

No comments:

Post a Comment