Wednesday, June 16, 2010

No Plastic Bag, Please....

Yup!! No more plastic bag! Save the earth..! jiahh...aktivis pecinta lingkungan banget yah eikeh??
Well...kesadaran itu muncul kembali setelah daku melihat tumpukan kantung plastik yang menggunung di lemari. Selama ini memang setiap belanja kantung2 plastiknya aku masukin di satu plastik besar yang tersimpan di lemari. Cumaaa...ternyata udah nga muat lagi...malah jatuh2 disamping gitu..pokoknya berantakan banget deh..

Akhirnya malam itu juga meskipun udah jam 11 malem eikeh beresin deh tuh plastik2...dan ternyata setelah dirapikan tidak hanya ada satu melainkan tiga kantung plastik besar yang isinya adalah plastik2 yang sudah dilipat...kebayang kan banyaknya...hehehehe..

Setelah dipikir2 lagi ngeliat tuh limbah plastik banyak banget..langsung ngerasa bersalah nimbun plastik banyak banget. padahal kan sampah plastik susah banget didaurnya dan butuh waktu beratus2 tahun untuk terurai dengan tanah. Dan perkiraan aku juga nih timbunan plastik mungkin baru bisa habis setahun sangking banyaknya..Ya habis..paling kita gunakan kantung plastik itu untuk ngebuang sampah dapur aja..yang cuma sehari satu.

Dari situlah akhirnya, tercetus ide dan niat untuk menggunakan tas belanja (tas kain) untuk menggantikan kantung plastik setiap belanja apapun. Kebetulan emang ada tas khusus belanja yang terbuat dari bahan kain yang pernah dikasih ibu mertua sbagai oleh2 dari Australia..hehehe...

Waktu dulu aku pernah stay di Austria sih emang supermarket disana nga menyediakan plastic bag, malah kita mesti bayar kalo pake plastik bag. jadinya ya kita bawa tas/kantong sendiri dari rumah. Di Eropa sepertinya sistemnya udah seperti itu semua deh..supermarketnya nga pake plastic bag. Sowalnya pengalaman dulu sempet ke supermarket jerman n di amsterdam juga nga ada. Ya..malah aku heran ma singapore yang belum terlalu aware terhadap lingkungan and global warming.

Sooo..jadilah sekarang setiap belanja eikeh nenteng2 tas belanja..trusss...ngasih pesen cintah di setiap kasir, " No Plastic Bag, Please..." Hehehehe...
Mudah2an sih langkah kecilku ini bisa turut menjaga bumi kita tercintah ini...:)

No comments:

Post a Comment