Wednesday, May 18, 2011

Berani atau Nekat, Liburan HARUS Terencana

Sebagai seorang miss planner spesialis for holiday (hihihi..semoga yang ngebaca nga muntah), aku tuh heraaan banged kalau ada orang yang liburan tanpa merencanakan apa-apa hanya dengan modal tiket pesawat (dan uang  tentunya).
Ko bisa ya ada orang nekad pergi liburan (ke luar negeri pula) tanpa tujuan yang jelas.
Dan ternyata adaloh orang seperti itu, soalny aku telah membuktikan sendiri dan bertemu dengannya.

Jadi tuh ya, ceritanya semalam aku, mas, kei n mba lily nganter Tante Yuli ke Changi yang pulang malam ini ke Jakarta. Setelah sesi byubyun n tante yuli akhirnya masuk ke imigrasi, kami menuju stasiun MRT.
Tiba2 mas ngebisikin aku sambil nunjukin didepan kita 2 wanita muda dan seorang anak (9-10 th), dari penampilannya sih udah bisa ketebak ini orang Indonesia dan baru sampai di Singapura karna baru datang.
Ga sengaja terdengar percakapan mereka yang sedang menanyakan arah menuju mrt dan hotel terdekat dengan seorang singaporean.

Astagah...belum booking hotel...nekat banget (ujarku dalam hati) ke luar negeri tanpa pesan hotel sebelumnya sementara saat itu sudah jam 9 malam.
Yaa meskipun Singapur relatif aman (low crime doesnt mean zero crime) tetep aja kebayang repotnya harus menyusuri jalan mencari hotel satu persatu. Apalagi mereka mau cari di little India. Kebayang deh itu kan daerah banyak orang Bangla dan India. Takut nga aman deh.

Karena kita searah sama2 menuju MRT, terjadilah percakapan yang dibuka oleh Mba Lily. Ternyata mereka datang kesini juga mendadak berangkatnya, karna paspor anaknya juga baru jadi hari itu juga.. Nga heran kalo mereka juga belum cari-cari hotel. Katanya sih mereka nga nyatet alamat hotel karena dipikirnya bisa buka internet pake BB. Mereka nga nyangka kalo disini kartunya nga bisa dipake, makanya jadi ga bisa internetan...Pusing..
Dan alasan mereka pengen nyari hotel di daerah little India biar bisa deket dengan Mustafa. karena mereka mau belanja disana..Astagah...pusing dua kuadrat.
Udah gitu yang mereka tanyakan kepadaku adalah ; "dimana bisa cari tas yang murah, oiyah juga yang jual tas KW yang murah?"  dan "kalau disini beli simcard apa biar bisa aktifin BBnya?" Tambah pusing tiga kuadrat.

Ya meskipun dari pengakuan mereka sudah pernah sebelumnya ke Singapur (itu juga sehari doang pulang pergi) tapi mereka bisa dibilang sama sekali blank dengan jalan disini. Dengan pengalaman tersebut mereka berani loh ke Singapur tanpa perencanaan apa-apa. Entah ini yang disebut berani atau nekat.

Pendapatku ya,, liburan seharusnya nyaman nga terganggu dengan masalah2 teknis seperti itu apalagi bawa keluarga, anak kecil atau orang tua dengan kondisi fisik yang cepat lelah. Ga pengen kan, liburan yang rencananya mau hepi malah jadi bete karena perencanaan yang tidak matang. Ada baiknya sebelum liburan kita melakukan hal2 berikut ini :

1. Tentukan tujuan berlibur. Mau yang ke gunung atau ke pantai, mau dalam negeri atau luar negeri, mau yang di kota besar atau kota kecil. Sesuaikan dengan minat kita dan tentu saja keuangan.

2. Pesan tiket pesawat & visa (kalau perlu)

3. Pesan hotel/penginapan/hostel/guest house (searching dulu lokasinya, melihat review komentar para tamu yang pernah menginap di hotel tersebut juga bisa menjadi masukan buat kita mengenai kondisi hotel tersebut. kalau liburan sendirian atau dengan teman2 sebaya, bisa cari hostel/guest house yang menawarkan harga lebih murah. Tapi kalau dengan keluarga/membawa anak kecil bisa pilih hotel atau apartemen yang lebih nyaman karna bisa masak.

4. Searching informasi mengenai tempat yang dituju sebanyak2nya. Cuaca, budaya setempat merupakan hal yang penting untuk diketahui. Jangan sampai misalnya kita ke Melbourne pada bulan Juli dengan membawa tanktop dan celana pendek. Bisa mati kedinginan, karena bulan Juli di Australi sedang musim dingin.

5. Bikin itinerary perjalanan. tentukan apa yang ingin dikunjungi, dilakukan dan dilihat di tempat liburan nanti. hari pertama kemana, hari kedua kemana, hari ketiga kemana. Ini untuk menghindari kemubaziran waktu. Sayang dong, kalau sudah jauh2 pergi berlibur hanya dihabiskan dengan tidur2an di kamar hotel. Kecuali tujuan liburannya memang hanya untuk relaxing di pinggir pantai.

6. Buat anggaran. kalau yang berlibur dengan bujet minim dianjurkan sih untuk bikin anggaran biaya. oleh karena itu perencanan itinerary sebelumnya wajib dilakukan, karena dari situ kita bisa tahu untuk pergi ke suatu tempat naik apa dan berapa biaya yang diperlukan untuk pergi ke tempat tersebut.