Tuesday, September 27, 2011

Prosedur Ambil Maid di Singapura

Saya sempat posting disini alasan kenapa kita butuh asisten. Karen buat kita yang tinggal di negeri seberang sebenarnya untuk punya asisten ga semudah di endonesah. *ngumpet*dipelototin ibu2*
Well.ini alasan saya kenapa lebih sulit.. Kalo disini untuk mempekerjakan seorang aisten handal, kita ga cukup hanya menseleksi dari sisi personalitasnya, seperti kriteria asisten yang jujur dan rajin. Selain itu kita pun harus mengurus izin kerja si asisten ke pemerintah singapoh.

Bikin izinnya juga ribet dan biaya yang dikeluarkan juga cukup besar, belum lagi gajinya yang harus standar sini. Sekarang pemerintah singapur menaikkan standar gaji maid loh jadi $480/bulan. *pingsan
Kalau mau gampang sih bisa aja nyari maid dari Maid Agency yang banyak mempunyai “stock” maid. Untuk itu harus merogoh kocek sekitar $4000.
Buat kita kalau bisa urus sendiri kenapa harus memakai jasa agency. Toch sebenarnya bisa kok. Dan Alhamdulillah, setelah pencarian berbulan2, kami akhirnya menemukan seorang “kandidat” yang mau diajak bekerja disini. Dulunya dia asistennya kakaku, jadi secara personality aku udah kenal orangnya. Dia juga udah pernah megang Keisha kalau kita liburan di Jakarta, jadi Keisha juga udah kenal dia.

Proses pengurusan di Singapur meskipun terlihat rempong, tapi ternyata cepat apalagi kalau kita udah memenuhi syarat2nya, dibanding di Indo. Bayangkan, kalau di Jakarta urus KTP aja sampe 3 minggu!! 

Ok, kira2 step2 yg saya lakukan seperti ini :

Step 1 :  Sebelum berangkat calon maid harus bikin paspor dan menterjemahkan akte lahir dan STTB (min.   SMP) ke Bahasa Inggris  ke penerjemah tersumpah.

Step 2 : Untuk first time employer, ikut Employer Orientation Programme (bisa online di website, biayanya sekitar $3)
(kalau sudah pernah bisa skip step ini)

Step 3 : Kalau paspor calon maid sudah jadi, minta data2nya (paspor no, TTL, etc) untuk apply WP di website MOM (pake SingPass) disini. Untuk pengisian form WP application, kita juga diminta mengisi data2 keluarga kita, income dan pajak). Kalau sudah komplit, aplikasi bisa langsung diproses. Proses ini lumayan cepat, kalau apply pagi kadang sore sudah ada hasilnya. Kalau malam besok siang sudah ada notification.
Ohiya, jangan lupa memasukkan SMS notification untuk pemberitahuan approval.

Step 4 : Setelah dapat IPA letter, beli insurancy plan and security bond (saya beli di NTUC insurance). Ambil plan yang cover insurancy untuk 2 tahun sekaligus security bond $5000 sekitar $256.  

Step 5 : Untuk first time maid, daftarkan juga untuk Entry Test Bahasa Inggris dan Safety Awareness Course di website ini. Biayanya sekitar 35 dolar. Jangan lupa untuk mendownload contoh soal tes2nya dan kirim ke calon maid, supaya mbaknya bisa belajar dulu. Tes ini bisa dicoba 3 kali kalau gagal. Kalau nga bisa juga terpaksa harus keluar Singapur.

Step 6 : Scan dan email IPA letter, insurance letter dan security bond, dan jadwal tes untuk calon maid (kalau ga ada email send by post). Untuk clearance di imigrasi Singapore.

Step 7 : Dokumen sudah lengkap, beli tiket pesawat untuk calon maid. Sebelumnya urus NP*P atau KT*LN dulu di bandara Soetta. Kalau kawatir dengan pengurusan KT*LN, kita belikan aja tiket return untuk clearance di imigrasi Indo. Ntar kalau ada kesempatan ke Indo baru KT*KLN diurus bareng kita. 
Yang penting keberadaan maid disingapur kita laporkan ke KBRI.

Step 8 : Sehari setelah maid sampai di Singapur, antarkan untuk Entry Test dan SAC. (Jadwal tes bisa diubah asalkan kita beritahu sehari sebelumnya. Tidak dikenakan biaya lagi)

Step 9 : Setelah lulus tes dilanjutkan dengan medical check up. Biasanya hasil keluar seminggu. Pastikan kondisi kesehatannya ok.

Step 10 : Issue WP (online, ke website yang sama ketika apply WP. Hasil keluar dalam sejam). Masukkan IPA number, date of application (ada dalam form IPA).  Update data untuk medical report.

Step 11 : Kalau di- approved, print out the approval form. Antar maid ke WP Service untuk submit document (IPA, ET&SAC result, Insurance & Security Bond, Medical CheckUp, Paspor) foto, finger print.

Work Pass Service Centre (WPSC)
Tanjong Pagar Complex
#02-27/29, 7 Keppel Road
Singapore 089053
Tel: 6225 0100

Note :
-         WP card bisa diambil dalam waktu 4 hari kerja.
    Maid punya waktu 14 hari  untuk proses mendapatkan work permit, kalau setelah itu belum dapat, harus keluar dari Singapur
-         Untuk memudahkan pembayaran levy perbulannya, sebaiknya apply giro ke MOM

Euh.. mudah2an sih cukup jelas ya penggambaran prosedurnya. Udah aga2 lupa soalnya. Badeweh, baru nyadar bahasaku campur aduk gini. Geuleh ihh…

2 comments:

  1. ribet juga yah.

    Temen gw di Qatar, gak bisa ambil maid org indonesia juga. Harus beda bangsa. Jadi dia ambil Pinoy.

    Skrg dia pindah ke Dubai, baru bisa tuh ambil maid org indo juga.

    ReplyDelete
  2. setiap negara prosedurnya beda ya buat ambil ART.
    Klo kemarin pas ngurus2 izinnya ngerasa ribeeet banget. pas udahnya berasa plong.. lega.

    ReplyDelete