Wednesday, January 18, 2012

Banci Pesbuk

Nemu di wall pesbuk teman yang cukup menggelitik. Izin copas ya, Ntie..


Terj. bebas :
pesbuk itu update status kejadian/perasaan/pikiran/harapan/ide SAAT ITU. Kalau mau curhat cerita seharian tulis diary aja kali, nek!

Terus terang pas gw ngebaca line diatas langsung teringat sama orang2 tertentu dalam pertemanan pesbuk. Mo diremove ga mungkin, bisa2 putus persaudaraan-merusak pertemanan ntar. Pengennya sih ada tombol mute. Ada ga? kasih tau dong dimana letaknya.

Yang bikin gerah apalagi kalo statusnya lengkap bener nyeritain kejadian yang dia alami seharian, apa yang dia lakukan hari ini, perasaannya hari ini, apa yang dimasak hari ini, habis beli apa. Sekali dua kali menurut gw masih wajar lah ya. Apalagi klo sesuatu yang istimewa, sila di share untuk berbagi cerita.
Tapi gimana klo setiap saat statusnya begitu? Duilleeehh... Penting ya semua orang harus tau?? Atau jangan2 orangnya kurang perhatian kali ya, jadi harus dapat pengakuan dari semua orang?

Lebih irritating yang status pesbuknya jadi ajang pamer kemesraan. Belum nikah aja udah saling manggil pipi-mimi (Situ Anang-KD kw10 ya?). Mesranya kaya dunia fesbuk milik berdua, yang lain penghuni kebon binatang. Giliran lagi berantem aja, manggilin nama2 penghuni kebon binatang. Sampai2 yang ga sengaja bacanya jadi ikutan sakit mata. *netesin obat mata*

Adalagi yg mengumbar hubungan rumah tangganya, perihal berantem sampe ada orang ketiga hingga ngancem2 mo cerai jd rahasia umum. Sampe temen gw bilang, "Hei, ini ga semuanya tentang kalian!!" Its not all about you!! Kenapa harus setiap saat menye2 (bahasa apapula ini?). Apa mungkin pengen dapat simpati dari seluruh dunia kali ya?

Oiya kadang bikin "heh" moment juga dengan orang yang numpang pamer distatus orang.
Kek misalnya status gw begini :
"Kalo lagi SALE gini, banyak ketemu ma muka2 indo di Orchard. Rame!" (iya statusnya emang ga penting banget, dan lebih ga penting lagi komen yang muncul dibawah ini)
"Di 'Far far away land' juga lagi sale nih. Murah2 banget. Aku beli cenel seperak, beli lu (punya) kutang dua perak. Alhamdulillah yaaa...bisa buat oleh2."

Gimana? biasa aja?
Luar biasa buat gw karena setiap status pasti dia selalu menyelipkan cerita tentang tempat tinggalnya di 'Far far away land' yang relevan maupun tidak relevan dengan konteksnya.Ihh.. mo pamer ko nebeng status orang.

Anyway, gw ga against pesbuk or socmed lainnya kok. I enjoy them, need them, can't live without them instead. Dan gw sadar socmed itu memang untuk share. Tempat berbagi cerita, tawa, kekonyolan, foto2 kenangan, makanan apa yang dimakan or dimasak. Hei..gw jga melakukan itu kok.

Cuman mungkin kita harus sedikit beretika dalam bermain di socmed ini. Ga semua orang mau peduli dan suka dengan apa yang kita share dan kita harus menghargai privasi mereka juga.

Buat orang sufi ke arah ekstrim kaya kaka gw, dia menganggap pesbuk itu bentuk kesombongan. Ngapain orang mesti share semua hidup lu biar orang tau. Itu namanya riya. *eaaaa...mamah dedeh minggir*

Balik lagi ke topik diatas ya, kalo lu mau nulis cerita lu sehari2 ga tepat kali ya klo pake media pesbuk, kalo ga mau dibilang banci pesbuk, beli diary gih. eh Wait..since diary is SO last season, i suggest you to write on a blog. Siapa tau bisa jadi blogger kondang dan dapat award.

Beda sama pesbuk yang semua orang secara terpaksa ngeliat statuslu, blog hanya terbaca oleh orang yang memang ingin membaca tulisanlu. Dengan kata lain, orang itu mampir ke blog lu atas kesadarannya sendiri untuk mencari tau tentang kehidupanlu.
Namanya milik sendiri, terserah deh tuh blognya mau diapain. Mo diisi penuh dengen puisi cinta kek, mo sebagai tempat peratapan hidup, mo narsis setinggi langit kek, terserah tujuannya apa lu mo bikin blog its all up to you cos it's yours. Kalo masih ada yang ga suka ya peduli amat. Suka2 gw dong mo nulis apa, ini blog2 gw sendiri, kalau ga suka ya ga usah mampir.

Btw, don't get me wrong about blogging. Some people i know their blog are hillarious funny, inspiring and informative and have an enormous number of fans. Not like this not interesting-corny-and always complaining- blog. (hei!! why you still read this??).

-Just my two cents-
(kontemplasi pagi2 buta gara2 ga bisa tidur lagi)

PS: Buat yang ngerasa,  no offense loh yaa... Anggap aja ini suatu kritik terselubung.*senyum semanis madu*

4 comments:

  1. yaa...bow.. gw mau kasih komentar apa ya ttg socmed? secara gw dah gak punya FB lagi dan gak pernah tertarik ama socmed.
    but hey... i write blog. and i love it :-) i know i like to read your blog as well! so..let's keep writing, gurl!

    ReplyDelete
  2. ehhh kok ada yg nyebut nama 'mamah dede' ??? *bangkit dari tidur*

    hihihihi

    Gw paling males liat status FB yg isinya kaya 1 posting blog. Panjang ajeh tuh status. Padahal ada fitur notes kan yah

    ReplyDelete
  3. @ De
    Bacanya juga males ya bok kalo panjang2. kesanny curhat ya mpok?

    ReplyDelete
  4. @ rina.. thank you rin. gw juga suka sama tulisan lu yang wise itu. :)

    ReplyDelete