Thursday, January 19, 2012

Mari beryoga!

Setelah absen hampir 2 bulan lebih beryoga karena jam latihan yoganya yang emang ga sesuai (pas jam kerja bok), libur natal lanjut tahun baru, atau hanya karena males, efeknya berasa banget deh. Badan berasa berat, nafsu makan makin menggila, sementara perut udah keterlaluan buncitnya.

Iseng2 liat website california fitness buat ngecek jadwal yoganya, eh ternyata ada latihannya minggu ini dan jadwalnya juga cocok. Jadi deh pulang kantor kemarin langsung meluncur kebawah. Dari beberapa kelas yoga pemula yang gw ikutin, gw paling cocok deh sama kelasnya Dr. Raam. Instructionnya jelas, enak dan mungkin karena dari india juga ya jadi gerakannya lebih mantap.(sotoy.com).
Selesai yoga beneran deh badan langsung berasa enteng, segar dan tidurnya juga jadi nyenyak. 

Buat gw yang penyakit musimannya adalah masuk angin dan pegel2, dulu di indo tiap bulan pijit is a must. Sekarang disini nyari tukang pijit udah susah, tarifnya pun bikin sakit hati akhirnya gw bersahabat dengan koyo. Koyo dan gw tak terpisahkan. Oiya sama tolak angin, my best savior! Gw pasti selalu sedia dua item itu di kotak obat.

Tapi... semenjak gw coba yoga ga perlu lagi dong *bangga*ngebuang stock koyo dan tolak angin*
Yoga ini jadi obat murah mujarab kalo pegel2 gw kambuh. Gerakannya yang stretching bisa narik otot2 yang kaku dan pegel jadi lentur lagi. Manfaat yoga lainnya untuk memperbaiki postur tubuh, menghilangkan gejala asma, bisa mengurangi berat badan (Hot Yoga paling cepet buat ngurusin).

Buat yang mo nyoba yoga silahkeun ambil bantal biar duduknya nyaman, karena gw mo review beberapa gerakan yoga yang biasa dilakukan di kelas pemula. Biar ga lost in translation sila lihat beberapa gerakan yoga dibawah ini. 
Gambar diambil dari sini
Gerakan ini masih simpel2 banget loh. Belum pake berdiri dengan dua tangan. Bisa ko dipraktekin di rumah. (kecuali buat gw yang males, ga semangat latihan kalo ga di kelas). Beberapa review sebagian gerakannya :

1. Dog Pose (peregangan tulang belakang, paha belakang, betis, lengan atas)
Pose segitiga nungging ini bermanfaat untuk menguatkan tubuh bagian atas, dan karena posisi pinggul lebih tinggi dari hati bisa memperlancar sirkulasi.

2. Warrior Pose I, II, III (peregangan pinggul, paha bagian dalam, dada, menguatkan quadriceps, perut, bahu)
Ahh...aku suka gerakan ini. Berasa kaya lagi pose kuda2 samurai yang mau perang. hihihi..Pose kaya warrior ini katanya bisa bikin tambah tinggi, ramping, lengan kencang dan kaki kuat.

3. Purvottanasana (pergelangan tangan, pinggul, lengan atas, kaki)
Kalau mo lengan berotot kaya madonna coba ini deh, gerakan ini bisa memperkuat lengan, pergelangan tangan dan kaki, bahu dan kaki.

4. Spinal Twist
Gerakan ini kalau dilakukan dengan benar bisa memperkuat dan memperpanjang tulang belakang. Bagus juga buat liver. Kalo buat gw sih, pose ini enak banget buat ngeretekin punggung.. Ahhh...

Kalau buat awal2 baiknya sih jangan terlalu dipaksa harus sama gerakannya, kawatirnya malah cedera otot. Kaya misalnya harus membungkuk kepala menyentuh lutut, kalau belum bisa setengahnya aja juga ga papa kok. Lama kelamaan ntar badan kita akan terbiasa dan melenturkan sendiri.

Udah ya..cape ngetiknya..Kalau masih senapsaran, sila hubungin pusat yoga terdekat.

Yuk! Mari kita beryoga!!

1 comment:

  1. artikelnya bermanfaat sekali
    Saran ini sis. lebih jelas lagi dikasih video untuk belajar sendiri dirumah. menurut sis baju baju senam murah apa yaa yang paling nyaman dipakek senam yoga?

    ReplyDelete