Thursday, April 19, 2012

Jacob Ballas Children Garden

Sebisa mungkin kalau ada hari libur/weekend dan mas lagi off melakukukan 'tugas-tugas negaranya', kita lebih memilih  melakukan aktifitas di ruang terbuka. Lebih segar dan sehat karena keisha bisa lari2an dan olah fisik, dan juga menyenangkan! Selain itu kami memang ingin keisha terbiasa dengan alam dan akrab dengan bau pepohonan dan rumput.

Senangnya, hal ini didukung oleh pemerintah disini. Meskipun Singapoh juga terkenal dengan banyaknya mall, pemerintahnya juga menyediakan ruang publik outdoor yang bisa dinikmati bersama keluarga. Dan yang menyenangkan transportasi ke tempat-tempat tersebut mudah diakses.
Seperti Jacob Ballas Garden ini sudah ada MRT terdekatnya, yakni MRT Botanic gardens circle line. Keluar dari MRT langsung pintu masuk Botanical Garden. Gampang banget kan aksesnya!



Jacob Ballas Children Garden sebenarnya merupakan taman tersendiri yang berada di dalam Botanical Garden. Jadi untuk mencapainya harus melalu taman ini terlebih dahulu. Ga jauh ko jalannya. Lagian di kanan kiri banyak pepohonan plus danau cantik yang bikin perjalanan jadi ga terasa.

Jacob Ballas to the left!


Map Direction  Jacob Ballas
Jacob Ballas Garden mempunyai beberapa main attraction seperti :
- Water playground
- Dry Playground
- Tree House
- Pond
- Waterfall
- Education feature

Oiya, didalam Jacob Ballas juga ada saung mungil yang bisa dipakai untuk piknik tanpa kawatir kepanasan ataupun kehujanan. (gambar kedua di kanan atas).

Fotosintesa process
Di dalam Jacob Ballas Garden ada taman2 edukasi kecil. Seperti misalnya taman fotosintesis di atas. Disini anak2 bisa mengamati proses fotosintesis sebuah pohon. Ada knop yang jika diputar buah diatas pohon akan menyala dan keluar asap dan air. (entah apa maksudnya sebenarnya, saya hanya pura2 ngerti..hahaha)
Buat seumuran keisha mungkin belum paham ya, paling pas kayanya ngajak anak2 usia sekolah kesini untuk field trip.

Sementara itu bapak dan anak sama2 semangat mengeksplorasi sekeliling taman.  mau tau aksi mereka yang terlihat kompak banget?

Suspension Bridge & Waterfall
Suspension bridgenya keren deh, pas diatas papa ngegoyang2in penuh semangat sementara anaknya jerit2 keasikan. hihihi

Favorit keisha, rumah pohon!
Tree House

Happy face
Perosotannya kaya terowongan dan tinggi. Ga heran keisha sampai puluhan kali bolak balik naik rumah pohon dan turun lewat perosotan tanpa ngerasa cape. Seneng banget dia!
Kayanya rumah pohon ini yang paling populer deh, soalnya banyak anak2 yang main disini
Owiyah, disini kita ketemu squirrel yang lagi lompat2 di atas rumah pohon loh. Dia lagi nyari buah yang banyak di batang2 pohon. Seru banget ngeliatnya!

Sempet main juga di water playground-nya, tapi keisha cuma betah sebentaarrr banget. 10 menitan doang paling. Si geulis minta balik lagi ke rumah pohon.
Waterplaynya kecil, sih cuma air mancur2 gitu, dan sayangnya ga ada shower didekatnya. Jadi aku cuma ngelap badan keisha aja, sampai rumah kumandiin lagi.

Kalau lapar dan lupa bawa bekal dari rumah, jangan kawatir. Ada Kidz Cafe mungil yang cantik. Disini menyediakan makanan favorit anak2, seperti spaghetti tomaten sauce, fish n chips, nugget, burger n pizza. minumannya pun ada milkshake, milo (yang diminum habis keisha dalam waktu kurang dari 5 menit), softdrink, dan jus.


Kidz cafe, bangku dan mejanya mungil2 dan berwarna-warni. Cute!

OOT ya, ko pas masuk ke tempat ini berasa bukan di singapoh ya tapi di yurop. soalnya banyak keluarga bule disini. Singaporeannya malah bisa diitung dengan jari. hemm... kesimpulannya, bule2 senengnya sama kegiatan outdoor, kebalikannya sama di mall. Hahaha....sungguh ga penting inih.

Definitely, its sure a worth place to visit!

Tips :
- Bawa baju ganti dan handuk untuk anak2 jika ingin bermain di water playground.

- Lindungi anak dari sinar matahari dengan memakaikan topi/kacamata dan sunblock supaya mereka tambah asik bermain.

- Ada saung2 mungil dan bangku taman jika anda ingin piknik dan menikmati bekal makanan yang dibawa dari rumah.

- Nice time to visit : 8.00 - 11.00 am atau 04.00 - 07.00pm, mataharinya ga terlalu panas. Tapi sih kita kemarin datang jam 11.00 - 14.00 siang karena bangunnya kesiangan. Hahaha!!!!  Alhamdulillah saat itu mataharinya lagi ga terik2 amat dan banyak pohon disana jadi lumayan adem.

- Tetap dampingi dan awasi anak yang sedang bermain di rumah pohon. Meskipun mereka sudah cukup besar dan mahir memanjat tapi kita tidak pernah tau apa yang terjadi. (pengalaman pribadi : keisha jatuh dari tangga pas mommynya meleng. alhasil pipi lebam dan kaki lecet)

- Skuter atau sepeda kecil juga bisa dibawa untuk menambah keasikan bermain anak.

- Sempatkan juga mengunjungi taman cantik Botanical Garden.

How to get there :
MRT Botanic Gardens (at circle line)

Opening hours :
8.00 am - 7.00 pm

Admission Fees
Free!

2 comments:

  1. wow keren abis. tamannya lengkap banget yaaa... free pula! mantap... :D

    ReplyDelete
  2. iya man, makanya anak2 betah banget main disana. kayanya bakalan jadi tempat favorit deh ini

    ReplyDelete