Monday, April 09, 2012

Renungan Dhuha

Disclaimer : postingan ini bukan untuk ria dalam hal beribadah ya, just want to share.

Buatku salah satu hal yang menyenangkan pas wiken adalah bisa melakukan dhuha dengan tenang. Ga terburu2 harus kembali kerja, ataupun ga perlu kawatir bedak luntur dan mesti ngedempul lagi (maklum bedak mure ga waterpuf).
Biasanya pas wiken setelah mandi pagi trus langsung gelar sajadah di balkon belakang yang terbuka atapnya, yang atasnya langsung awan. Apalagi biasanya matahari pagi belum panas2 banget dan angin berhembus sepoi2. Subhanallah... indah banget! Berkomunikasi langsung sama Sang Pencipta tuh bikin adem banget, both soul and mind.

Jadi..kadang pas lagi kerja gini kangen suasana tersebut dan ga sabar nunggu wiken berikutnya biar bisa melaksanakan dhuha di tempat terbuka.

My mom said, kalau mau rezekinya lancar jalankan solat dhuha setiap hari. Dan dari yang kubaca manfaat Dhuha ini bisa meringankan rezeki dan menolak kemiskinan. Insya Allah.
Which personally i think, mungkin sebenarnya yang diringankan adalah hati kita sehingga merasa berkecukupan atau kaya. itu yang terpenting kan? Meski gaji puluhan juta tapi kalau hati ga tentram pasti merasa kurang terus ya?

oya, dalam satu hadis yang kubaca, kalau kita menjalankan solat dhuha di pagi hari itu sama saja dengan memberi sedekah kepada persendian kita, anggota tubuh, tangan dan kaki. Ternyata mereka pun butuh diperhatikan juga.

Kalau di kantor lagi banyak kerjaan atau urusan rumah yang belum beres (ngerti  banget deh buat para irt yang harus nganterin anak sekolah, masak dan beres2 rumah) sempetin yuk dhuha minimal 2 rakaat. Nah kalau lagi libur atau waktu senggang bisa ditambahkan rakaatnya jadi 4, 6, hingga 12 rakaat dengan salam setiap 2 rakaat.
Habis solat dhuha, sempetin juga baca doa ini deh. Cukup singkat dengan arti yang luar biasa indah dan bermakna.


“Ya Allah bahwasanya waktu duha itu waktu duhamu, kecantikan itu ialah kecantikanmu , keindahan itu keindahanmu, kekuatan itu kekuatanmu ,kekuasaan itu kekuasaanmu dan perlindungan itu perlindunganmu “. ” Ya Allah jika rezekiku masih di atas langit , turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah. ,Jika masih jauh dekatkanlah. Berkat waktu duha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaanmu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah engkau limpahkan kepada hamba-hambamu yang soleh”

Subhanallah..
Dengan banyaknya manfaat salat dhuha ini semoga kita bisa istiqamah menjalankannya ya. Dhuha yuk?!

No comments:

Post a Comment