Thursday, May 10, 2012

Parenting is (Not) Easy

Sebagai orang tua ternyata masalah anak yang kita hadapi ga cuma seperti yang diceritakan di blog indah atau di blog mamak ira. Baru habis nenggak dua pil aspirin setelah menghitung dana pendidikan anak trus daftar seminar termutakhir tahun ini, eh...tiba2 kemarin dapat laporan dari Tince, kalau kita, orang tuanya keisha dipanggil ke sekolah karena keisha nakal.

Heee?!

Apa yang udah dilakukan si anak kicik ini?
Apa dia main bola trus mecahin jendela?
Apa dia mukul temennya? berantem sama temennya? *tp dirumah dia selalu hepi cerita temen2nya*
Apa dia naruh permen karet di bangku  guru?? *eh itu sik bapaknya*

Kata si Tince, pas ngejemput tadi keisha lagi duduk di pojokan kelas dan ngambek ga mo keluar sampai akhirnya tince yang masuk dan ngebujuk dia. oalaah...jadi tadi dia dihukum juga??
Sayangnya info dari Tince seadanya, karena engglisnya yg terbatas. Jadi dia dipesenin gurunya kalo besok orangtuanya keisha datang ke sekolah.

For God sake! she just 3 years old, senakal apa sik dia sampai kita dipanggil buat ngadep guru?? *urut2dahi*

Setelah disepakati mas yang ketemu teachernya Keisha, karena jadwalnya yang paling memungkinkan. Satu sisi bagus juga sih mas yang datang, karena mas lebih tenang dan sabar menyikapi hal ini dibanding saya yang ga terima anaknya dibilang nakal esmosian.
Wong begini aja udah panik mo mindahin sekolah anak ke international school. sayang kantongnya yang ga mendukung. hehehe...

Akhirnya setelah mas ketemu teachernya keisha dan ngobrol2 bareng, baru ketauan deh kalo kenyataannya tuh nga seburuk yang kita aku bayangkan. Dalam pertemuan tersebut, kesempatan mas juga buat nanya2 soal Keisha selama di sekolah. kan selama ini kita ga tau karena yang biasa antar jemput ke sekolah ya Tince.

Menurut Madam Yeo, gurunya keisha, Keisha selama di kelas anak yang pintar *uhuk*, koperatif, dan gampang bersosialisasi dengan teman2nya, dia berani speak out di kelas, dan keisha lancar berinteraksi dalam bahasa inggris. fiuh, kita sempat kawatir dengan perbedaan bahasa ini. jadi menurut belio ga ada kendala bahasa samsek.

Tapii...yang perlu dikawatirkan, keisha suka tiba2 ngambek tanpa alasan, tiba2 bilang ga suka sama semuanya dan ga mau main sama sapa2. Pernah sekali dia maunya di kantor principal dan ga mo keluar dari situ, sampai akhirnya dibujuk2 dulu baru mau keluar. Dan ternyata kemarin itu adalah kejadian yang kedua kalinya. Tiba2 dia nga mau ngerjain apa2, ngelempar2 barang, dan pas dibilangin langsung ngambek.
*langsung teringat sama kejadian yang acapkali terjadi dirumah*

Alamaak...ternyata kejadian juga di sekolah. Karena keisha nga mau mendengarkan teacher dan tetap ngamuk akhirnya dia disuruh duduk di pojokan kelas.Wajarlah kalo akhirnya keisha dapat punishment atau bahasa populernya time out.  Mas jadi mendiskusikan hal inilah ke Madam Yeo (yang menurut mas, sosok edukatif dan koperatif) Karena kita sendiri beberapa kali mengalami kejadian tersebut, dan kadang ga ngerti apa pemicunya sikap keisha. Padahal sebelumnya dia masih ketawa ketiwi becanda ma kita. Moody is she? don't know deh..

Menurut madam yeo mungkin karena keisha kurang perhatian di rumah. Apa karena dia ditinggal kita kerja seharian ya? tapi malamnya kita berusaha ngasih quality time buat dia.
Sementara kalo menurut temen2 kantor itu karena keisha belum punya adek. Saatnya untuk nambah anggota keluarga baru mungkin? #kode. *grins*

Di rumah kadang dia bisa tiba2 pengen ngebuangin semua mainannya, dan ketika dilarang langsung ngamuk. dibujuk apapun ga mau. Biasanya setelah melampiaskan emosinya semua, habis itu keisha tenang lagi dan mau main sama2 lagi. jadi pernah aku diemin aja, mainannya dibuangin keisha di tempat sampah, sampai dia puas. Abis itu dia tenang trus aku ajakin ngomong baik2. No drama.

Sampai sekarang kita masih belum nemu kira2 apa ya pemicu keisha yang menyebabkan dia jadi ngamuk. Tapi...at least kita udah mulai tau kalau dia lagi marah2 gitu, kita diemin aja sampai dia puas dan cape sendiri, baru dibujuk pelan2, peluk, trus sayang2an lagi.

Ga tau juga apa ini cara yang ampuh buat ngadepin sikap keisha. Kita sih belum nyoba metode time-out. ampuh ga sik?
Masih belum pasti juga apa penyebabnya. Kita masih mengamati. *nyomot selusin buku metode parenting di library*
Mungkin ada yang bisa kasih saran?


6 comments:

  1. yah namanya anak2 ya.. ada masa2nya begitu...

    susah juga sih kalo ditanya mesti gimana. paling ya haruss coba diomong2in baik2. coba ditanya kenapa dia begitu. mungkin gak langsung dia mau jawab, jadi mesti ditanya dan diomongin berulang2, terus2an...

    ReplyDelete
  2. toloonngg...

    aku makin pingin pensiun nih dengan banyak kejadian menyeramkan yang berhubungan dengan anak-anak

    hiks

    ReplyDelete
  3. Halo mba dessy.kunjungan balik.lam knal jg.tq ya udh maen ke blogku.sori telat bc komennya krn lg sok sibuk bgt *haciiih :D*
    Umur tiga taon anakku jg ngalamin masa2 ngambek ky gt mba.mnurut pngalamanku dia minta lebih phatian dr kita ortunya.simpel pdhl ky dia minta srg dipeluk ato diajak bcanda.pdhl kdg kita mikir udh cukup perhatian tp mnurut anak kurang ajah.mdh2an cpt nemu solusinya ya utk keisha.salam dr atar n ecah :)

    ReplyDelete
  4. Bacanya gue jadi deg-degan deh, Des. Rencananya September nanti mau masukin anak2 ke daycare sementara gue sekolah. Sedih ngebayangin anak-anak kangen sama ortunya sampe ngambek2 gitu. Hiks.

    ReplyDelete
  5. @ Arman :
    iya man, sampai sekarang pun gw masih belum nemu cara terbaik menyikapi tantrum anak. Mungkin memang ga ada teori yang benar2 pas ya? :)

    @ mba de:
    samaa!!! *pelukanteletubbies*

    ReplyDelete
  6. @ Mba Indah
    hemm...bener juga sih, anak2 itu perasaannya justru lebih tajam ya, apa kita benar2 perhatian ke mereka atau cuma pura2.
    Makasih ya sudah mampir ke blog ini. :)

    @ seerika
    lu mau sekolah lagi ka? canggih deh semangat belajarlu. tularin dong ke mari.. :)
    waktu pertama kerja, kei aku masukin childcare. dan ya, dia sukses nangis kenceng pas ditinggal mamanya. Tapi setelah sebulan biasanya anak sdh mulai beradaptasi dan mulai cuek ditinggal. Tapi tetep buat ibunya pasti mencelos hatinya kl ninggalin anak ya?
    Makasih ya udah mampir ke blog inih :)

    ReplyDelete