Monday, May 21, 2012

Time Out Method


Hari minggu kemarin karena ditinggal seharian mas kerja demi membeli Seacret buat istrinya, aku dan keisha atas kemauan emaknya milih  di rumah aja. Males aja sih kalau pergi cuma berdua aja, panas terik pula diluar. Aku bikin pancake buat sarapan (nyontek resep situkangnyampah) berdua keisha. Trus makan sama2 sambil ketawa2. Should be a nice morning, isn't it?

But NOT!!

Paginya sempet ada incident kecil, si drama princess berakting dan dianteupkan sama si drama queen. /(-.-")

Jadi ceritanya... Si keisha tuh akhir2 ini sering banget menguji kesabaran dengan sengaja bikin kita marah. Bahkan dia terang2an bilang kalo dia mau kita marah. Iya, dia bilang sendiri "aku mau mama marah!" *gerrrmhh cari perhatian banget sih kamu...!*

Kali ini aku coba untuk tenang, aku kasih waktu Time-Out buat keisha. Aku bawa dia ke kamar, trus aku bilang secara firm dan dengan kontak mata ke keisha, untuk pikirin sikapnya dan kalau udah tenang baru mama bukain pintu.

Sepuluh menit kemudian aku buka pintu kamar.

dweeng...

Isi kamar itu udah berpindah tempat semua, bentuknya udah kaya kapal pecah. Sepertinya keisha ngelemparin semua benda yang ada di kamar untuk melampiaskan emosinya. Astagah!!!

Trus aku deketin keisha pelan2, aku ajak obrol bilang kalau ga suka keisha seperti itu. Dan dia mau minta maaf akhirnya. Ketika dia minta maaf, aku juga minta maaf udah teriak ke dia tadi dan diakhiri dengan pelukan. :)

Alhamdulillah tantrumnya cuma pas pagi aja. (eh 3 th masih tantrum juga ga sih?)

Kalau dipikir2, mungkin bener ya kata teachernya kalau keisha kemungkinan kurang perhatian. penyebab tadi dia sampe ngamuk gitu awalnya pas aku lagi beresin lemari baju, dan kayanya saking seriusnya ngerapihin aku lupa melibatkan keisha, sementara dia main sendiri dan akhirnya bosen dan nyari perhatian aku. (malahan cara dia nyari perhatian adalah dengan membuat aku marah)(tutupmuka : guilty in charge)

Terbukti ketika habis itu aku ajak dia bikin painting, bikin craft (postingan terpisah ya), ditambah berenang sorenya, ga ada drama sama sekali sepanjang sisa hari itu. malahan keisha sangat manis (like mostly she is).

Mungkin yaa..benar tanpa aku sadari, aku sering mengabaikan keisha. Aku ada tapi pikiranku ga sama dia, asik ngobrol sama mas, majalah atau gadget.

Untung aja kemarin aku nolak tawaran bosku untuk pake BB. Alasannya sekarang aja tangan udah ga bisa lepas dari aipong, apalagi ada bb, ntar bbm pangping2, belum lagi email2. tambah terlantar aja ntar anak n laki aye.

Btw, metode time-out ini kayanya lumayan berhasil deh. Less energy to spend. Tapi mudah2an sih ga perlu diterapkan dalam waktu dekat ini lagi ya, capek lahir batin kalau habis drama begini. Paling ga kuat menghadapi penyesalan tiada akhir setelah marah sama keisha. huhuhu...


1 comment:

  1. yah namanya anak2 emang gitu ya. pasti minta perhatian terus.

    tapi (ya mungkin seiring umur juga) harus dikasih pengertian juga kalo gak bisa 24 jam diperhatiin terus. mereka tetep harus behave karena ada saat2nya dimana kita gak bisa selalu ama mereka kan.

    mereka harus belajar being patient, control emotion, dll juga...

    ReplyDelete