Monday, June 18, 2012

10 Things I Love about Singapore


Butuh waktu hampir setahun buat saya untuk bisa beradaptasi dan menikmati tinggal di negara ini.
Well, yeah..mungkin proses adaptasi saya yg lama banget. Buat kalian yang mengalami proses pindahan dan bisa langsung beradaptasi, lucky you then.
But for me, lagi enak2 tinggal di kota yg semuanya ada, makanan enak dan murah, anak ada yg bantu ngurusin, banyak temen, kemana2 dianter. Trus jreng.. pindah ke lingkungan baru, anak lagi GTM,  mesti masak (I don’t like cooking so much), ga ada temen yang tulus. (disinilah aku menemukan orang2 bermuka dua dan nusuk dari belakang). And that was the hardest part.

Syukurlah sebelum sempurna depresinya, saya bertemu dengan orang2 yang baik, punya kesibukan, hidup pun mulai tertata. Efeknya less stress, less anger, less sad. Saya hepi, anak dan sumami pun senang. Happy mom happy family, right?
Lalu saya mulai belajar mengenal lebih jauh tempat yang saya tinggali ini dan akhirnya semakin mencintai  Negara ini. Tak kenal maka tak sayang kan…

10 things I LOVE about Singapore ;

1.       Sistem transportasi yang nyaman
Ini nomor satu yang bikin aku jatuh cinta sama singapoh. Meskipun kita ga punya mobil, tapi sistem transportasinya yang nyaman memudahkan kita bepergian dari A to B, Wetan-Kidul, Timur-Barat. Bepergian berdua Keisha aja pun ga masalah, transportasinya tepat waktu, perjalanan jadi estimable,  ber-ac, gampang dan murah.

2.       Sarana yang child-friendly
Hampir semua mall atau tempat rekreasi pasti ada  tempat menyusui atau ganti popok. Sebagian bahkan menyediakan wastafel mini atau dudukan kloset untuk anak. Belum lagi area bermain yang pasti selalu ada di setiap mall (gratis atau berbayar), kids menu diberbagai restoran yang disesuaikan dengan harga dan porsi. Ataupun sekedar jalur khusus yang disediakan untuk stroller. Sangat nyaman untuk ibu dan anak.

3.       Thousands playground
Rasanya disini setiap apartemen baik itu condo maupun hdb atau landed house pasti tersedia playground di area sekitarnya yang bisa diakses secara gratis dan kapan saja oleh anak2. Cukup seru untuk anak2 bermain di sore hari dan sekaligus tempat bergosip ideal bagi para pe-er-teh ibuk2.

4.       Mudahnya bermain di Outdoor
Outdoor disini maksudnya bermain dengan alam ya. Sebagai orang tua, saya ngerasa perlu mengajak anak bermain di luar ruangan, berlari2 di lapangan, bermain air di pantai, atau cuma sekedar bersepeda di taman.  Dan disini dengan hanya setengah jam perjalanan dari rumah saya bisa mengajak anak saya ke pantai atau taman.  Sekarang malah anak saya sendiri yang minta diajak main sepeda di pinggir pantai atau berjalan2 di hutan. ^_^

5.       Great libraries!
Public library disini semuanya teratur dan bukunya terawat dengan baik. Tempatnya bersih, nyaman dan penuh dengan jutaan buku untuk anak2 dan dewasa. Ga heran perpustakaan disini selalu rame,ga kaya di jekardah kalah rame dari kuburan. :p Enaknya system perpustakaan disini interconnected, jadi kalo kita pinjam buku di perpustakaan Bedok, buku tersebut bisa dikembalikan di perpustakaan Marina. Untuk perpanjang deadline peminjaman  buku kita bisa melalui online loh di www.pl.sg. Dan kalau lagi musim liburan gini, biasanya kuota peminjaman buku kita bisa didobel 2-3 kalinya kuota normal. Menyenangkan ya?!

6.       Safety supply for Electricity and Water
Selama disini, saya ga pernah sekalipun merasakan pemadaman listrik atau air yang macet. Ya ampun.. saya masih kebayang betapa sewot-nya dan uring2an kalo lampu tak kunjung nyala, dan yang paling frustasi kalo air mampet dan nunggu air penuh seember itu bisa dua jam. Huhuhu… Makanya saya bersyukur banget disini listrik dan air sangat mudah didapat. Pemakaian listrik dan air disini juga sebenarnya tidak dibatasi. Maksudnya mo pake berapa watt silahkan, mo air dipake buat berendam pagi malam juga bisa, asal mampu bayarnya ya. Tapi… demi bumi yang kita cintai ini,saya selalu bawel kalo mbak dirumah atau Keisha suka main2 air.

7.       Bersih dan teratur
Meski ya, sampah disini belum dipisah2 berdasarkan sampah kering/basah/recycle,  namun kesadaran akan kebersihan disini sudah jauh lebih baik. Ga heran kita ga akan menemukan timbunan sampah disini. Selain itu semua sudah pada tempatnya, sesuai sistem, hampir ga pernah tanduk saya muncul pas ngantri, semua orang dengan teratur berbaris sesuai giliran.*SimpenTaring*

8.       NO N-Y-A-M-U-K!
Baybay bentol2! Baybay nyamuk nakal! *tendang obat anti nyamuk yang bikin sesak*buka jendela lebar2*

9.       Lingkungan yang aman
Setidaknya ketika bepergian, saya bisa ngerasa aman aja pakai tas bermerk di public transport tanpa kawatir tas saya bakal disilet atau utakatik gadget mahal di tempat umum tanpa kawatir ada yang ngejambret. Less Crime doesn’t mean  no Crime. Sama halnya dengan Singapoh tetap saja harus waspada ya. Rumah harus dikunci dong ah kalo pergi atau ga ketempat2 sepi pas malem hari (lagian ngapain ya?).

10.   Strategis
Ga kebayang deh kalau tinggalnya di belanda sonoh bakalan kaya kaka ipar yang pulangnya cuma dua tahun sekali. *Dapat salam dari mbok pijet*. Letak geografis singapoh yang dekat dengan Indonesia bisa kapan aja ke indo in case urgent matter. Selain itu karena dekat, beberapa produk favorit dari indo pun bisa didapatkan seperti ind*mie,  the S*sro, bahkan tukang pijet pun sebenarnya kalo mo dicari ada, impor dari Batam. Tapi ya itu sih mihil. At least tinggal disini bikin kita ga kangen2 amat sama indo, karena beberapa makanan khas nya ada ko kalo dicari.  

Kalau diliat2 kayanya sebagian pro-nya lebih manfaatnya ke anak2 deh. hem,,, Well, despite all the pros, of course there are cons; expensive cost of living, expensive property and car prices, pressure on kid’s academic, and kiasu people. Tahan ga, betah? Ya dibetahin dong demi anak.. ^_^

6 comments:

  1. iya paling enak ama spore karena deket indo ya....

    ReplyDelete
  2. iya man, meski ga bisa merasakan musim gugur tapi sisi baiknya bisa ke indo kapan aja.

    ReplyDelete
  3. i wonder why i didn't move to Singapoh when i had the chance to :-? tepok jidat.com! Des...gw mau maen lagi ke tempat lo deh. hiks.. kapan ya???

    ReplyDelete
  4. Pada saat itu mungkin itu keputusan yang tepat rin, supaya lu bisa bersama nyokaplu. Dan memang itu pertimbangan utama lu kan? :)

    anytime, dear...kapan aja lu mau, rumah gw open house selalu buat lu. :)

    ReplyDelete
  5. you're right, Des..family matters a lot! time flies so fast ya. gw ke lo thn 2010, Des! 2 thn yang lalu. mudah2an bisa mengunjungi lo secepatnya ya :-*

    ReplyDelete
  6. Anonymous1:53 PM

    Today, while I was at work, my cousin stole my iphone and
    tested to see if it can survive a twenty five foot drop, just so she can be a youtube sensation.
    My apple ipad is now destroyed and she has 83 views.
    I know this is entirely off topic but I had to share it with someone!
    my webpage > CaterUN'

    ReplyDelete