Friday, June 01, 2012

Bagaimana Apply Visa Australia dari Singapura


Kedutaan Australia atau Australian High Commission sebenarnya sudah memudahkan bagi penduduk Singapura yang mau berkunjung ke osie, dengan menyediakan pilihan aplikasi visa secara online. Nah!

Sayangnya hal itu ga berlaku bagi WNI yang tinggal di singapura. Kita dong tetep harus apply secara biasa alias melampirkan dokumen2 yang disyaratkan dan menyerahkan secara langsung ke bagian imigrasi.

Dokumennya apa aja?
1. Download aplikasi form 48R disini www.immi.gov.au/allforms/pdf/48r.pdf.
2. Satu pasfoto ukuran 4x8 (ukuran normal persyaratan visa) yang ditempelkan di formulir aplikasi
3. Copy Employment Pass/Dependant Pass/Student Pass/Work Permit. Bawa aslinya juga
4.Paspor dan copy paspor. (yg ada keterangan nama dan exp date)
5. Booking tiket pesawat (flight itinerary)
6. Booking akomodasi/hotel
7. Surat Keterangan Bekerja dari perusahaan yang menyatakan bahwa si applicant akan kembali bekerja di perusahaan tersebut sepulang dari Oz dan siapa yang menanggung biaya perjalanan. Oiya perlu dicantumkan juga gaji, jabatan, dan tanggal mulai bekerja.
8. Surat keterangan dari sekolah kalau masih sekolah
9. Bukti keuangan. Copy buku tabungan atau rekening Koran. Ga dijelaskan berapa bulan, tapi aku bawa yang 3 bulan terakhir.
10. Kalau disponsori keluarga/teman di sana, bukti tertulis yang menunjukan mereka menanggung semua  biaya si applicant.

Kalau udah lengkap dokumennya disubmit ke Australian High Commission, Immigration Section at 25 Napier Road. Bisa datang langsung tanpa appointment asalkan sebelum jam 12 siang. Kalau untuk keluarga cukup seorang aja yang mewakilkan ga perlu datang semua.
Siapkan juga biaya aplikasi visa sekitar $150/orang. Lumejen yaa…nyengir deh kalo visanya ditolak.

Oiya, seperti  biasa pengawalan di imigrasi cukup ketat, ga boleh bawa hp/laptop berkamera di dalam gedung. Jadi dititipin dulu di pos securitynya.

Kalau dokumen lengkap dan ga bermasalah biasanya proses visa sekitar 5 hari kerja udah bisa diambil. Normalnya lohh…NORMALNYAA…..
Kita kemarin lebih dari 5 hari soalnya. Ditengah2 proses aplikasi mas dapat email berupa formulir tambahan untuk dilengkapi dan dikirim balik. Lucunya data yang diminta berupa informasi apakah mas pernah mengikuti kegiatan militer, politik, atau keagamaan. Paham kan arahnya kemana???
Curiganya sih gara2 namanya mas dan foto terakhir mas yang macam anggota keagamaan tertentu. Hihihi…

Yah,.. meski sempet bikin jantung berdebar kencang bak per@w@n di m@l@m p*rt@m@, Alhamdulillaaahhh visanya keluar juga.

Demikian kira2 persyaratan visa jalan2, untuk bisnis juga kayanya hampir sama ya, soalnya kalau dulu nyiapin buat bos begitu juga. Sementara untuk visa study, medical dan lainnya untuk lebih jelasnya bisa liat website ini www.singapore.embassy.gov.au  & www.immi.gov.au

4 comments:

  1. Ndesit, lo mau liburan ke Aussie ya?? ikuuuuuuttttt!!!

    ReplyDelete
  2. ihihihi..iyaa!
    nantikan laporan pandangan mata dari sana ya!

    ReplyDelete
  3. Hi,
    Numpang tanya, kalau untuk apply visa itu sebenarnya ke Australian High Commission, Immigration Section at 25 Napier Road. atau Australian Visa Application Centre - Singapore 20 Cecil Street?
    Dan berapa lama validity visanya ya?
    misal rencana berangkat april, dari Feb apa sudah bisa diproses?
    thanks

    ReplyDelete
  4. HI EC,
    sorry baru buka blognya lagi. dulu itu gw ke Napier Road Australian High Commission. visanya berlaku 3 bulan walau waktu itu kita cuma pergi seminggu. dan iya kami apply visa 2 bulan sebelumnya.

    semoga membantu ya. Denger2 sih sekarang udah naik visa feenya.

    ReplyDelete