Friday, June 21, 2013

Soal Asap

Mungkin udah ada yang tau kalau beberapa hari ini saya 'nyampah' di socmed soal asap yang mengepung singapura.
Walau sebenarnya bukan pertama kalinya singapur dapat kiriman asap dari Indonesia, tapi ini yang terparah dalam 16 tahun terakhir. Yap, kabut asap dari kebakaran lahan gambut di Pekanbaru ini benar2 pekat. Asap putih dimana2, sampai matahari keliatan kaya egg yolk, oranye terang gitu, mata perih, sesak napas hingga mual buat yang menghirup.
Terakhir PSI alias level pollutant udara mencapai 400, alias udah bahaya banget buat kesehatan. Ga kebayang yang di Dumai sendiri kaya apa, katanya malah udah 1000-an. :(

Buat yang nyinyir dan malah nyukurin singapura karna asap ini, baca link teman saya yang ini  dulu ya. Very well written of her.

Silahkan aja kalau emang mau tutup mata soal negara tetangga yang terkena polusi asap, tapi kan ada saudara2 kita di Dumai, Riau yang lebih parah terkena efeknya langsung, dan apakah tanggapan pemerintah Indonesia?? 

4 comments:

  1. wah nyampe sana ya asapnya, kalo dari Pontianak biasanya nyadar ke Malaysia juga

    ReplyDelete
  2. moga2 segera ada solusinya ya buat asap ini. kasian banget emang temen2 yang kena asap di singapura dan sekitarnya.... :(

    ReplyDelete
  3. Suami gw pas di sana seminggu kemarin. Kebetulan dia udah batuk sebelum berangkat. Jadi memang bawa bekal masker kain di ranselnya.

    Tapi lihat foto2 di BB dia, ngeri amat ya des :(

    Bahkan di ruang rapat pun mata terasa perih dan agak bikin sesak napas juga katanya.

    Btw kemarin itu udah sempat hujan kan?

    ReplyDelete
  4. oga cpt ada solusinya, ya. Kayaknya tiap tahun selalu ada kejadian spt ini dan beraharap ada solusi supaya gak terulang lagi

    ReplyDelete