Tuesday, December 31, 2013

The peaceful place in the world : Hanoi - Halong Bay


Lanjutan dari posting sebelumnya disini...

Dari Saigon city kami menuju Hanoi dengan pesawat sekitar 1 jam 40 menit. Kalau di kota Ho Chi Minh setiap hari kita diguyur sinar matahari hangat, di Hanoi  sebaliknya malah setiap hari dingin dan  berkabut karena sedang musim dingin. Unik ya, satu Negara bisa beda musim karena perbedaan garis lintang dan topografinya.

Dinginnya sih masih bearable, cuma pake cardigan atau jaket udah nyaman kok. Malah jadinya dinginnya enak banget. Sampai Hanoi sayangnya waktu kami terbatas jadi hanya sempat jalan-jalan di pusat kota Hanoi sambil mencari makan malam.

Lagi-lagi karna tidak menemukan makanan halal, akhirnya kita makan lagi di KFC. Yeaa.. jauh2 masih kaefce lagi..
gedung kaefce
Kelar makan ternyata disebelah bangunan KaEfCe ada danau Hoan Kiem Lake yang terkenal dengan pagoda ditengah danau. Sayangnya kita kesana pas malam hari jadi ga bisa melihat pagoda tersebut, tapi danaunya tetap terlihat cantik di malam hari dan banyak orang2 yang duduk2 di pinggir danau itu.

Besok paginya selesai sarapan dari hotel kami dijemput mini van dan seorang guide lokal untuk menuju Halong Bay. Paket tour Halong Bay sebelumnya sudah kami beli di airport untuk dua hari satu malam, sekitar USD110/orang dewasa. Karna serombongan kami menyewa satu cruise selama di Halong Bay.

Dari Hanoi ke Halong Bay menggunakan bis ternyata lumayan lama. Perjalanan sekitar 5-6 jam dong. *dapat salam dari koyo* pegel banget pinggangnya duduk selama itu. sempet berhenti satu kali di area suvenir untuk belanja belinji dan keperluan toilet. Berhubung aku rada phobia sama toilet umum, mending minum sedikit dan tahan pipis deh.
Perjalanan harusnya ga selama itu kalau saja kecepatan berkendara boleh lebih dari 60 km/jam. Yap.. ternyata disana peraturannya kecepatan kendaraan hanya boleh 60km/jam. Padahal jalanan kosong sejauh mata memandang. *gemeees!*


Rasanya pengen jorokin supirnya keluar, dan rebut mobilnya
Sampai di kota Halong, kami menuju cruise yang akan mengantar kami menuju halong bay. Cruisenya sendiri ada tiga tingkat. Tingkat dasar adalah kamar2 dan dapur, tingkat satu; restoran, teras anjungan, dan kamar2, tingkat tiga; Viewing deck/sunbathing deck. Berhubung tamu cruise seluruhnya adalah teman2 sendiri, jadi berasa seru dan bebas eksplor cruise sambil menikmati sejuknya udara Halong Bay. Keisha aja ga lama langsung asik main sama temen2nya, walaupun rada ngeri kecebur ke laut.

our cruise



with our tour guide

those kids are so adorable :*
Di atas cruise sama sekali ga dapat sinyal hp ataupun wifi. Jadi yaa.gudbye lah ga bisa eksis sama socmed. Sisi baiknya, kita jadi bisa manfaatin banget our quality time with the family. Lagipula jangan kawatir ko, kru kapal udah siap dengan berbagai kegiatan seperti :

kayaking!!

Exploring the cave!
In front of Hang Sung Sot Cave

Puas main kayak, kami diajak mengunjungi sebuah gua bernama Sung Sot yang katanya terbesar di Halong Bay. Untuk naik kedalam gua tersebut harus menaiki tangga yang jumlahnya lumayan bikin ngos2an. Untungnya keisha ga ngeluh capek malah semangat naiknya setelah liat temen2nya udah naik duluan. beneran deh ada untungnya banget pergi rame2 gini, ga perlu juga sewa baby sitter, asalkan ada temennya bocah sama sekali ga rewel. 
Eniwei.. guanya bener2 guedeee banged! bagus banget dan well preserved. 




pemandangan dari atas gua


Bangun pagi, buka jendela langsung ngeliat pemandangan gugusan batu karang membelah air hijau yang tenang. Ga ada suara mobil, sepeda motor ngetril, ataupun musik gonjrang gonjreng dari tetangga sebelah. Damaaaaai banget rasanya. 
Setelah sarapan kenyang guide tour mengarahkan kami mengunjungi pearl village di halong bay. Tempat itu merupakan penangkaran tiram penghasil mutiara yang kemudian diproses supaya menjadi mutiara murni untuk dibentuk menjadi perhiasan. 


Aku sih hoam banget pas diliatin cara pembuatan mutiara. Ga suka mutiara soalnya, lebih suka berlian. *kode* Akhirnya malah foto2 selfie disana.

Its so peaceful here. *somewhere in halong bay



Siang hari kami diantar kembali ke pelabuhan Halong dan kembali ke hotel di Hanoi.
Besok paginya sebelum cek out sempet sarapan Pho vietnam yang pesennya khusus pake ayam. Tetep enakan soto mie menurut gw.

Monday, December 23, 2013

Alea 3 Months

Yeay! Kemarin Alea pas 3 bulan! Alhamdulillah!! *ciumin pipi gembilnya*

Dari sejak lahir Alea full aku atau Arief yang urus, yang mandiin, gendong atau boboin, pokoknya semuanya lah. Beda banget sama waktu Keisha aku malah ga berani megang. Dulu ngeliat bayi baru lahir kok kecil  banget kaya termos, megangnya takut patah. Tapi sekarang mungkin karna anak kedua jadi udah lebih pede. Anak ketiga mungkin bisa sambil merem mandiinnya. Eh tapi bukan berati mau program anak ketiga lagi looooh!!! udah tutup yah pabriknya. :D

Waktu lahir BB Alea 2,9 kg, sebulan pertama 4,1 kg, dua bulan kemudian bbnya 4,8kg, lumayan lah kalo digendong berjam2 bisa bikin tangan kemeng. Alea suka main di gym matnya atau duduk di rocking chair sampai ketiduran disana. Jadi kalau abis dia mandi tinggal taruh di rocking chair ga lama langsung tidur deh dia. Alea sejak dua bulan lebih udah bisa diajak ngobrol dan udah kasih respon balik. She likes to smile and laugh, a lot! her smile is adorable. Diajak ngomong bentar langsung senyum, trus ketawa. Murah senyum banget deh dia. ah  jadi kangen pengen unyel2 si bulet.


si bulet


Ngurus Alea menyenangkan, Baby Alea tiduuuur terus sepanjang hari, pagi siang malam. Dia jarang rewel, nangis hanya saat lapar dan ngantuk. Oh paling pas magrib dia nangis jerit2, aku sih mikirnya karna kolik sedang melanda. Kalau sedang begitu alea ga mau disusuin, ga mau digeletakin, digendong juga jerit2, serba salah lah. tapi paling cuma sejam habis itu dia tidur kecapean nangis. Sekarang sih udah jarang banget nangis2 jerit kaya gitu. Sejak usia dua bulan Alea malah sudah bisa tidur sepanjang malam. Kebangun untuk nyusu sekitar 2-3 kali habis itu langsung tidur lagi sampe pagi. Enak.Banget.Buat.Gw.

Beda banget sama Keisha dulu, yang selalu ngajak begadang setiap malam. Pernah loh Keisha waktu bayi ga tidur2 semalaman, dari jam 10 sampe subuh. Melek sepanjang malam, padahal uda digendong, disusuin tapi ga tidur2. Aku pikir ya semua bayi kaya begitu ngajak mamanya malam2 begadang. Makanya pas alea sekarng gampang banget tidurnya aku takjub sendiri.

Tinggal jauh dari keluarga besar bikin kita harus mandiri dan ga bisa gampang nitipin anak ke kakek neneknya. Makanya di usia 3 bulan Alea udah diajak ke pantai, nemenin kakanya main layangan, pulang malam, ngemall di usia 4 minggu (di ajak ke kantor pas ada urusan disana sebenarnya, tapi brubung kantor diatas mall jadi sekalian jalan2 yah supaya mamanya ga bosen dan happy biar asinya lancar :p), diajak nonton bioskop (semoga neneknya ga tau soal ini), udah naik pesawat ke Jakarta diusia dua bulan (she slept all the time during our flight-good baby).
Kenapa ga dirumah aja? Yaa.,, kan ada kakanya Keisha yang lagi libur sekolah juga, kasian Keisha kalau kita dirumah trus. Sejauh ini sih Alea baik2 aja, Semoga yaa..semogaaa...harapannya kita ga memperlakukan alea terlalu fragile supaya dia jadi anak yang kuat dan ga gampang sakit.


Eh tapi seminggu kemarin dia sakit sih. :p Batuk-batuk. ketularan Keisha. Awalnya Keisha yang batuk2 selama dua minggu lebih, dan setiap aku lagi gendong atau nyusuin alea, dia selalu ngedeketin kita dan ga sengaja batuk2. Meski udah dibilangin supaya tutup mulut ketika batuk/bersin, tapi namanya virus ada aja ya. Dan ternyata alea ketularan.. :((  Sedih banget pas liat dia batuk2 gitu, sampai nyusunya juga jadi males. Mana aku udah masuk kerja, alea terpaksa nyusu dari media lain. Dan selama batuk2 itu dia semakin susah  nyusu, pipet, sendok, dot avent, tommetippe, sampe magmag pigeon dicobain semua dan belum ada yang sukses. :((

bukannya nyusu malah ketawa2 mulu
Sempet seharian aku kerja ditinggal cuma nyusu 200ml, sedih... Padahal obat untuk bayi yang sedang batuk itu ya asi. tapi kalau dia ga mau nyusu begini gimana? terpaksa kita bawa ke dokter dan dikasih obat batuk. Selama alea batuk, air purifier dikamar dinyalain trus dan dipasangin terapi uap air panas yang ditetesin minyak kayu putih pake warmer bottle jadi tetep hangat trus. Alhamdulillah minum obatnya cuma 3 hari, sekarang batuknya udah tinggal sisanya aja, mudah2an sebentar lagi udah benar2 ilang.

Sehat2 trus yaa bulet.. supaya nanti bisa nemenin kaka main layangan yaa..
Tuh kaaan..nulis begini jadi kangen berat sama si bulet. Face time ah kerumah. Oh terakhir nih, mo kasih komik alea..




Sunday, December 08, 2013

To Vietnam We Go #late post




postingan yang super duper telaaaat... hampir setahun kali. tapi sayang banget kalau ga dimasukin ke blog. Kenapa? karna postingan ini mo mendokumentasikan liburan desember 2012 lalu. Yup...setahun yang lalu. basi? belon dong..kan diangetin dulu.. :p
Lagipula sebelum facebook ditutup seperti halnya friendster,  penting buat pindahin foto2 liburannya dulu ke blog. 

Sedikit kilas balik, Desember 2012 lalu kami menggunakan momen liburan akhir tahun ke negara yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan untuk didatangi, yaitu Vietnam.

Dulu sewaktu dengar kata Vietnam yang ada dalam bayanganku tuh crowded, banyak motor, dan ga safe bawa anak kesana. Well, tempat liburan yang ideal buat saya setidaknya harus  aman dan nyaman untuk anak. Ini penting supaya anak bisa enjoy dan kita pun jadi menikmati liburan. 

Tapi kita terpaksa kesana begitu sekolah Arief ngadain trip bareng keluarga ke Vietnam akhir tahun dan bareng keluarga. Yowis ya...daripada ditinggal sendirian seminggu mending ikut aja. Saya kan maunya nempel suami mulu kaya kutil.  Setidaknya liburan kali ini bisa ongkang2 kaki ga perlu mikirin itinerary, kan tinggal ikut tour. Ooh..dan sengaja pula ga bikin ekspektasi apa2, biar ga kecewa.

So off we go to Vietnam!

Tujuan pertama kita di Vietnam ke kota Ho Chi Minh. Desember di HCM ternyata tetep hangat, 32-33 derajat tanpa hujan. Hari pertama disana kita nonton pertunjukan wayang air atau Water Puppet show yang tiketnya bisa dibeli di hotel. Water puppet show berupa boneka2 kayu yang dimainkan diatas air, jadi dalangnya main dibalik tirai sambil badannya setengah berendam di kolam. Bagus dan unik sih pertunjukannya, walau kita ga ngerti karna ceritanya dalam bahasa vietnam. Sayangnya Foto2 Water puppet show hilang, entahlah dimana.

Yang seru sih waktu kita ke Cu Chi Tunnel, dari HCM city harus menempuh perjalanan hampir dua jam hingga ke CCT.  untuk ke CCT kita menggunakan tour dengan bus dan guide lokal , maksudnya sih supaya disana ada yang jelasin ke kita sejarah CCT, tapi yang ada malahan tebak kata sama si tour guide.

our famous tour guide

CCT itu merupakan area persembunyian para tentara vietnam dihutan ketika melawan tentara amerika. Area persembunyiannya merupakan lubang2 kecil yang cuma muat pinggang America top model, tapi pas dilihat dalamnya ternyata cukup luas dan bisa muat banyak orang.  Buat para pengunjung yang mau masuk dan liat2 kedalamnya sih bisa aja kalau ga punya klaustrophobia ya. saya sih bukan klaustrophobia tapi takut cacing, lipan dan ga mau celana jadi kotor karna mesti merangkak2 didalam (aduh ribet deh seus) jadi memutuskan untuk stay diluar aja sambil ngunyah kacang.

kaya gini nih tentara vietnam tiba2 muncul dari bawah tanah, ngagetin ya? pantes amrik kalah

Kalau kesini jangan lupa bawa sunhat n sunglasses ya. panaaas..walau banyak pohon tapi tetep aja gerah.
prewed foto

sisa bom perang, kalau diloakin berapa ya sekilo?
anak ini mesti dibekep kaya gini biar mau difoto :p
ih kebayang ga sih mereka bikin lubang sekecil itu 

Foto bertiga yang agak mendingan
Abis keliling CCT dan kunjungan ke toko suvenir, kita mampir ke saung untuk melepas lelah dan  disuguhin makanan khas vietnam yaitu :

SINGKONG REBUS!




Sempet jalan2 juga di kota Ho Chi Minh di malam hari, sekalian nyari makan malam. Tapi jalan kaki disini malah was-was. trotoar dipenuhi pedagang dan parkiran motor, nyebrang jalan mesti ekstra hati2 karna laju motor yang sangat cepat. Ditambah keisha yang bentar2 teriak jorok dan minta balik hotel sambil tutup hidung. duileh naaak.. kampung emak dulu juga begini...

HCM menjelang malam hari

Karna ga nemu2 juga tempat makan yang sreg dihati (baca: bersih, enak dan terlihat halal) akhirnya aku dan keisha balik hotel, sementara arief pergi lagi beli makanan bungkus dan kembali bawa KFC! Si Ayam Penyelamat! 
Kenapa kita ga nyoba makanan asli vietnam seperti pho noodle misalnya? well, banyak sih di pinggir jalanan tenda2 yang jual pho noodle, tapi ya itu kita ga berani nyobain.

Hotel kita ternyata deket banget sama Ben Tanh Market, pasar terbesar di HCM yang menjual suvenir murah. Namanya rombongan ibu2 pastinya belanja yaa..



Ben Tanh Market ternyata ga cuma suvenir, tapi juga buah2an, sayuran bahkan sampai koperpun ada. Penjualnya pun gigih loh..kalau kita udah nanya susah nolaknya deh. DIkejar trus..untung saya jago ngeles kaya bajaj. Tapi Vietnam itu barangnya lucu2 semua yah dan terutama murah2, jadi pengen beli semua.

pah, minta dompetnya, mo beli semuanya nih
Ga nyangka yang tadinya saya kira liburan ini akan membosankan ternyata seru juga, apalagi perjalanannya bareng temen2 yang sudah saya kenal baik, jadi ada teman ngobrol seru dan keisha juga hepi karna banyak temen2nya. Vietnam juga punya keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan negara lain. well its nice to see this country closer.

next post.. Halong Bay...