Tuesday, December 31, 2013

The peaceful place in the world : Hanoi - Halong Bay


Lanjutan dari posting sebelumnya disini...

Dari Saigon city kami menuju Hanoi dengan pesawat sekitar 1 jam 40 menit. Kalau di kota Ho Chi Minh setiap hari kita diguyur sinar matahari hangat, di Hanoi  sebaliknya malah setiap hari dingin dan  berkabut karena sedang musim dingin. Unik ya, satu Negara bisa beda musim karena perbedaan garis lintang dan topografinya.

Dinginnya sih masih bearable, cuma pake cardigan atau jaket udah nyaman kok. Malah jadinya dinginnya enak banget. Sampai Hanoi sayangnya waktu kami terbatas jadi hanya sempat jalan-jalan di pusat kota Hanoi sambil mencari makan malam.

Lagi-lagi karna tidak menemukan makanan halal, akhirnya kita makan lagi di KFC. Yeaa.. jauh2 masih kaefce lagi..
gedung kaefce
Kelar makan ternyata disebelah bangunan KaEfCe ada danau Hoan Kiem Lake yang terkenal dengan pagoda ditengah danau. Sayangnya kita kesana pas malam hari jadi ga bisa melihat pagoda tersebut, tapi danaunya tetap terlihat cantik di malam hari dan banyak orang2 yang duduk2 di pinggir danau itu.

Besok paginya selesai sarapan dari hotel kami dijemput mini van dan seorang guide lokal untuk menuju Halong Bay. Paket tour Halong Bay sebelumnya sudah kami beli di airport untuk dua hari satu malam, sekitar USD110/orang dewasa. Karna serombongan kami menyewa satu cruise selama di Halong Bay.

Dari Hanoi ke Halong Bay menggunakan bis ternyata lumayan lama. Perjalanan sekitar 5-6 jam dong. *dapat salam dari koyo* pegel banget pinggangnya duduk selama itu. sempet berhenti satu kali di area suvenir untuk belanja belinji dan keperluan toilet. Berhubung aku rada phobia sama toilet umum, mending minum sedikit dan tahan pipis deh.
Perjalanan harusnya ga selama itu kalau saja kecepatan berkendara boleh lebih dari 60 km/jam. Yap.. ternyata disana peraturannya kecepatan kendaraan hanya boleh 60km/jam. Padahal jalanan kosong sejauh mata memandang. *gemeees!*


Rasanya pengen jorokin supirnya keluar, dan rebut mobilnya
Sampai di kota Halong, kami menuju cruise yang akan mengantar kami menuju halong bay. Cruisenya sendiri ada tiga tingkat. Tingkat dasar adalah kamar2 dan dapur, tingkat satu; restoran, teras anjungan, dan kamar2, tingkat tiga; Viewing deck/sunbathing deck. Berhubung tamu cruise seluruhnya adalah teman2 sendiri, jadi berasa seru dan bebas eksplor cruise sambil menikmati sejuknya udara Halong Bay. Keisha aja ga lama langsung asik main sama temen2nya, walaupun rada ngeri kecebur ke laut.

our cruise



with our tour guide

those kids are so adorable :*
Di atas cruise sama sekali ga dapat sinyal hp ataupun wifi. Jadi yaa.gudbye lah ga bisa eksis sama socmed. Sisi baiknya, kita jadi bisa manfaatin banget our quality time with the family. Lagipula jangan kawatir ko, kru kapal udah siap dengan berbagai kegiatan seperti :

kayaking!!

Exploring the cave!
In front of Hang Sung Sot Cave

Puas main kayak, kami diajak mengunjungi sebuah gua bernama Sung Sot yang katanya terbesar di Halong Bay. Untuk naik kedalam gua tersebut harus menaiki tangga yang jumlahnya lumayan bikin ngos2an. Untungnya keisha ga ngeluh capek malah semangat naiknya setelah liat temen2nya udah naik duluan. beneran deh ada untungnya banget pergi rame2 gini, ga perlu juga sewa baby sitter, asalkan ada temennya bocah sama sekali ga rewel. 
Eniwei.. guanya bener2 guedeee banged! bagus banget dan well preserved. 




pemandangan dari atas gua


Bangun pagi, buka jendela langsung ngeliat pemandangan gugusan batu karang membelah air hijau yang tenang. Ga ada suara mobil, sepeda motor ngetril, ataupun musik gonjrang gonjreng dari tetangga sebelah. Damaaaaai banget rasanya. 
Setelah sarapan kenyang guide tour mengarahkan kami mengunjungi pearl village di halong bay. Tempat itu merupakan penangkaran tiram penghasil mutiara yang kemudian diproses supaya menjadi mutiara murni untuk dibentuk menjadi perhiasan. 


Aku sih hoam banget pas diliatin cara pembuatan mutiara. Ga suka mutiara soalnya, lebih suka berlian. *kode* Akhirnya malah foto2 selfie disana.

Its so peaceful here. *somewhere in halong bay



Siang hari kami diantar kembali ke pelabuhan Halong dan kembali ke hotel di Hanoi.
Besok paginya sebelum cek out sempet sarapan Pho vietnam yang pesennya khusus pake ayam. Tetep enakan soto mie menurut gw.

5 comments:

  1. wah bagus ya halong bay ini... :)

    ReplyDelete
  2. kereeen ya halong bay ini....
    btw, salam kenal ya mbak...^^V

    ReplyDelete
  3. Apa kabar mama cantik :) Udah lama banget ga tahu gmn kbrnya? Anak udh tambah belum say? Msh di spore atw udh di Jkt?

    ReplyDelete
  4. Arman : Bagus banget man! ga salah dimasukin ke 7 wonders of natur.

    Rhey : Hi..makasih ya udah mampir dan ninggalin komen. :)

    ReplyDelete
  5. Dewi!! masih di sing wi, baru sep kemarin lahir anak kedua. lo gimana kabarnya?

    ReplyDelete