Sunday, December 08, 2013

To Vietnam We Go #late post




postingan yang super duper telaaaat... hampir setahun kali. tapi sayang banget kalau ga dimasukin ke blog. Kenapa? karna postingan ini mo mendokumentasikan liburan desember 2012 lalu. Yup...setahun yang lalu. basi? belon dong..kan diangetin dulu.. :p
Lagipula sebelum facebook ditutup seperti halnya friendster,  penting buat pindahin foto2 liburannya dulu ke blog. 

Sedikit kilas balik, Desember 2012 lalu kami menggunakan momen liburan akhir tahun ke negara yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan untuk didatangi, yaitu Vietnam.

Dulu sewaktu dengar kata Vietnam yang ada dalam bayanganku tuh crowded, banyak motor, dan ga safe bawa anak kesana. Well, tempat liburan yang ideal buat saya setidaknya harus  aman dan nyaman untuk anak. Ini penting supaya anak bisa enjoy dan kita pun jadi menikmati liburan. 

Tapi kita terpaksa kesana begitu sekolah Arief ngadain trip bareng keluarga ke Vietnam akhir tahun dan bareng keluarga. Yowis ya...daripada ditinggal sendirian seminggu mending ikut aja. Saya kan maunya nempel suami mulu kaya kutil.  Setidaknya liburan kali ini bisa ongkang2 kaki ga perlu mikirin itinerary, kan tinggal ikut tour. Ooh..dan sengaja pula ga bikin ekspektasi apa2, biar ga kecewa.

So off we go to Vietnam!

Tujuan pertama kita di Vietnam ke kota Ho Chi Minh. Desember di HCM ternyata tetep hangat, 32-33 derajat tanpa hujan. Hari pertama disana kita nonton pertunjukan wayang air atau Water Puppet show yang tiketnya bisa dibeli di hotel. Water puppet show berupa boneka2 kayu yang dimainkan diatas air, jadi dalangnya main dibalik tirai sambil badannya setengah berendam di kolam. Bagus dan unik sih pertunjukannya, walau kita ga ngerti karna ceritanya dalam bahasa vietnam. Sayangnya Foto2 Water puppet show hilang, entahlah dimana.

Yang seru sih waktu kita ke Cu Chi Tunnel, dari HCM city harus menempuh perjalanan hampir dua jam hingga ke CCT.  untuk ke CCT kita menggunakan tour dengan bus dan guide lokal , maksudnya sih supaya disana ada yang jelasin ke kita sejarah CCT, tapi yang ada malahan tebak kata sama si tour guide.

our famous tour guide

CCT itu merupakan area persembunyian para tentara vietnam dihutan ketika melawan tentara amerika. Area persembunyiannya merupakan lubang2 kecil yang cuma muat pinggang America top model, tapi pas dilihat dalamnya ternyata cukup luas dan bisa muat banyak orang.  Buat para pengunjung yang mau masuk dan liat2 kedalamnya sih bisa aja kalau ga punya klaustrophobia ya. saya sih bukan klaustrophobia tapi takut cacing, lipan dan ga mau celana jadi kotor karna mesti merangkak2 didalam (aduh ribet deh seus) jadi memutuskan untuk stay diluar aja sambil ngunyah kacang.

kaya gini nih tentara vietnam tiba2 muncul dari bawah tanah, ngagetin ya? pantes amrik kalah

Kalau kesini jangan lupa bawa sunhat n sunglasses ya. panaaas..walau banyak pohon tapi tetep aja gerah.
prewed foto

sisa bom perang, kalau diloakin berapa ya sekilo?
anak ini mesti dibekep kaya gini biar mau difoto :p
ih kebayang ga sih mereka bikin lubang sekecil itu 

Foto bertiga yang agak mendingan
Abis keliling CCT dan kunjungan ke toko suvenir, kita mampir ke saung untuk melepas lelah dan  disuguhin makanan khas vietnam yaitu :

SINGKONG REBUS!




Sempet jalan2 juga di kota Ho Chi Minh di malam hari, sekalian nyari makan malam. Tapi jalan kaki disini malah was-was. trotoar dipenuhi pedagang dan parkiran motor, nyebrang jalan mesti ekstra hati2 karna laju motor yang sangat cepat. Ditambah keisha yang bentar2 teriak jorok dan minta balik hotel sambil tutup hidung. duileh naaak.. kampung emak dulu juga begini...

HCM menjelang malam hari

Karna ga nemu2 juga tempat makan yang sreg dihati (baca: bersih, enak dan terlihat halal) akhirnya aku dan keisha balik hotel, sementara arief pergi lagi beli makanan bungkus dan kembali bawa KFC! Si Ayam Penyelamat! 
Kenapa kita ga nyoba makanan asli vietnam seperti pho noodle misalnya? well, banyak sih di pinggir jalanan tenda2 yang jual pho noodle, tapi ya itu kita ga berani nyobain.

Hotel kita ternyata deket banget sama Ben Tanh Market, pasar terbesar di HCM yang menjual suvenir murah. Namanya rombongan ibu2 pastinya belanja yaa..



Ben Tanh Market ternyata ga cuma suvenir, tapi juga buah2an, sayuran bahkan sampai koperpun ada. Penjualnya pun gigih loh..kalau kita udah nanya susah nolaknya deh. DIkejar trus..untung saya jago ngeles kaya bajaj. Tapi Vietnam itu barangnya lucu2 semua yah dan terutama murah2, jadi pengen beli semua.

pah, minta dompetnya, mo beli semuanya nih
Ga nyangka yang tadinya saya kira liburan ini akan membosankan ternyata seru juga, apalagi perjalanannya bareng temen2 yang sudah saya kenal baik, jadi ada teman ngobrol seru dan keisha juga hepi karna banyak temen2nya. Vietnam juga punya keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan negara lain. well its nice to see this country closer.

next post.. Halong Bay...





4 comments:

  1. Emang fb mau ditutup des?

    ReplyDelete
  2. Belakangan emg vietnam udh jd tujuan liburan org2 indo ya.... keliatan nya emg seru juga kesana... dan makanannya pst enak2 cm kyknya emg banyakan gak halal ya...

    ReplyDelete
  3. Novi : Gak nov, cuma karna makin lama makin sepi yng main di fb selain jualan ya, jangan2 ntar nasibnya sama kaya FS.

    Arman : pas ngeliat orang2 makan sih kayanya lahap banget man. mungkin emang enak sebenarnya.

    ReplyDelete
  4. waahh ini belum hamil Alea juga yah?

    ReplyDelete