Friday, August 15, 2014

Penginapan Di Jepang

Melanjut postingan yang ini

Sewaktu babymoon tahun lalu ke jepun sempat bingung nyari penginapan disana. Udah bukan rahasia lagi jepang terkenal dengan mahalnya dan salah satu yang paling menyedot biaya di sana ya akomodasi. Apalagi rata2 rate menginap hotel di Jepang dihitung perorang bukan perkamar. Lumayan tricky mencari tempat menginap yang ramah dikantong dan yang cukup luas untuk menampung  dua orang dewasa (gendut) dan satu anak.
Rate kamar di hotel standard di Tokyo bisa sama dengan hotel bintang 5 di Phuket, padahal luas kamarnya aja kaya kotak sabun. Buka koper mesti singkirin kursi dulu supaya bisa kebuka, tapi kalau soal kebersihin Jepang emang juaranya deh. Semuanya kinclong dan mengkilap, ga akan nemu debu di pinggiran pintu.

Sebenarnya ada beberapa pilihan akomodasi di Jepang yang bisa dipertimbangkan.

1. Hostel.
Yeap, kalau kamu backpacker traveller and on tight budget bisa mempertimbangkan ini. Biasanya hostel punya fasilitas computer, wifi, laundry, dapur, jadi bisa masak dan lebih menghemat kan. Kalau ga keberatan untuk sharing kamar mandi sih bisa coba ini. Ohiya, beberapa hostel pun child friendly, artinya anak2 bisa juga nginap disini. Tapi mesti ambil yang private room bukan yang shared room.Jangan kawatir, aman kok. Teman ada yang menginap di hostel bersama anaknya, dan pengalamannya sejauh ini memuaskan.
Rate permalam di hostel sekitar USD 30 - 100 tergantung tipenya. Untuk mau booking bisa liat disini atau disini.

2. Ryokan
Mau merasakan hidup seperti Oshin? Bisa coba menginap di Ryokan. penginapan tradisional di Jepang. Tidur beralaskan tatami dan bantal kerasnya :p.  Ryokan ini cukup mahal ratenya mulai dari USD100/orang karena mereka menyediakan 3x Japanese meal dalam sehari, jadi mungkin bisa disiasati dengan subsidi silang dengan biaya makan. Sepertinya seru juga bangun tidur melihat hamparan hijau taman yang tertata apik sambil menikmati Japanese green tea. Hidup ko kayanya damai banget, nga mikirin perang, rebutan sekolah sama kiasu, yang ada cuma zeen..zeen...
Tapi, berhubung perut gendutnya udah kaya kuda nil dan pinggang yang senantiasa sakit, ga mungkin banget tidur di tatami, yang ada besok paginya muka macam singa ga dikasih makan dua hari.
Kalau punya budget berlebih bisa pilih ryokan lewat web Japanese Guest Houses yang lengkap dan berbahasa Inggris! (penting!)

Iwaso Ryokan, taken from here
 
3. Hotel
Hotel di Jepang ada bermacam2, dari capsule hotel, economy hotel sampai hotel bintang lima. Semakin ke tengah kota semakin mahal pastinya. Kalau family dengan dua/tiga anak mending langsung ambil yang triple room aja, kamarnya akan lebih luas dan cukup murah.
Setelah bolak balik pencarian yang sangat memusingkan antara booking.com, agoda.com dan tripadvisor kami akhirnya memilih hotel ini selama di Osaka dan Tokyo.



Hotel Monterey Grasmere - Osaka

Kenapa pilih Hotel Monterey Grasmere :
1. Ratenya reasonable
2. Hanya 30 menit dari Kansai airport dengan JR Pass
3. Directly connected JR Namba Train Station. Hotelnya langsung diatas hotelnya.
4. Dekat dengan Dotonbori shopping street, hanya 10 menit jalan kaki.

Suka banget sama hotel ini, kami dapat rate yang cukup terjangkau dan diluar ekspetasi hotelnya cantik sekali. Proses check-innya pun cepat, kami sampai di hotel pagi hari langsung urus administrasi dan titip koper karna mau lanjut jalan2. Pas akhirnya masuk kamar pun ternyata kamarnya cukup luas dan nyaman. Oiya, mereka juga menyediakan piama bersih untuk para tamunya, dan yang menyenangkan mereka kasih small goodies ke tamu anak2.


 
piama dengan berbagai ukuran

goodies for kids
 
very clean bathroom
Overall I'll give 9/10 for this hotel! I would definitely stay here again.



Hotel Sotetsu Fresa Inn Tokyo - Kyobashi.

Hotel group Fresa Inn ada diberbagai lokasi, salah satunya di Kyobashi ini. Setelah berkontemplasi berhari-hari akhirnya memilih hotel ini karena;
1. Rate permalamnya sesuai budget.
2. Lokasi! 10 menit jalan kaki ke Tokyo train stasiun, 15 menit ke Ginza
3. free wifi in the room.

Hotelnya lumayan agak sulit dicari, setelah dua kali tanya orang baru ketemu ternyata nyempil diantara gedung. Front officenya efisien, ada free tea and coffe di front office. Ada free bath salts dengan berbagai aroma, yang kuambil banyak buat dibawa pulang padahal dirumah ga ada bathtub. Pas check in dikasih ladies toiletries bag.
Kamar hotelnya cuilik banget. Klo jalan mesti gantian, saking sempitnya.Kamar mandinya juga walau kecil tapi ada bath tubnya loh. Orang jepang ini seneng berendem kayanya deh walau cuma buat bisa selonjoran kaki. Tiap malam Keisha seneng berenang di small bath tub itu sambil pake bath salt apple dari front office.
Kalau cuma perlu tempat buat tidur sih hotel ini bisa banget dipertimbangkan.

si hotel kotak sabun


 
Cuma nemu satu foto Fresa Inn saja. Yang lainnya entah dimana, mungkin sudah kehapus. :(
 

13 comments:

  1. Kalau udah baca review yang komplet begini, daku semakin terpacu untuk ke Jepang mak. Aaamiiiiinnn...

    ReplyDelete
  2. amin! semoga bisa nyampe jepang ya mak, :)

    ReplyDelete
  3. rencana pengennya 2015 ke Jepang. Terimakasih infonya yaaa

    ReplyDelete
  4. Aku juga kayak kuda nil tapi biasa tidur di bawah. Pengen coba menginap di Ryokan kalau ke Jepang ^^

    ReplyDelete
  5. sy jadi pengen nyobain tidur di ryokan,smg kpn2 bisa ke jepun :)

    ReplyDelete
  6. lucu yang ryukan... tapi iya ya kayaknya bakal jadi pegel2 ya.. huahahaha

    ReplyDelete
  7. Thanks Mak.. aku akan menabung trs ke Jepang dehhhh hahahaha.. *aminnnn*

    ReplyDelete
  8. Thanks Mak.. aku akan menabung trs ke Jepang dehhhh hahahaha.. *aminnnn*

    ReplyDelete
  9. Dewi : Wah seru! walau berangkatnya masih tahun depan, pasti excitednya dari sekarang ya.

    Ika : hahaha.. aku kalo tidur dibawah sering sakit pinggang, tapi kalau pake tatami mungkin gak kali ya.

    aira : Amin! Semoga bisa kesana ya!

    Arman : Nah! gw mesti tidur di kasur yang ada ranjangnya man.

    Yeye : Semangat nabung Ye!!

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Anonymous1:18 PM

    Selamat pagi,maaf mau tanya yang dimaksud rate hotel di Jepang per orang itu bagaimana ya?
    Apakah misalnya rate hotel untuk 1 orang perkamarnya semalam 1000 yen,tapi karena kamarnya diisi sama 2 orang sehingga rate per malamnya menjadi 2000 yen atau bagaimana ya?

    Terima Kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi,

      Iya dihitungnya dari jumlah orang dikamar itu/malam. Biasanya sih klo booking mesti cantumin jumlah orang yang sebenarnya. kalau ga nanti akan kena charge tambahan.

      Delete
  12. Anonymous8:46 AM

    Selamat pagi mba, mau tanya untuk rate hotel perorang / permalam itu berlaku untuk semua hotel di Jepang (Mulai dari Hotel *1 sampai dengan *5) ataukah hanya berlaku untuk beberapa hotel-hotel tertentu saja ?

    Untuk rate Hostel dan Apartement di Jepang apakah sama perlakuannya dengan rate hotel atau bagaimana ya mba ?

    Terima Kasih sebelumnya.

    ReplyDelete