Monday, October 13, 2014

Bintan Staycation

Sudah lama sebenarnya pengen ke Bintan, pulau yang teletak dikepulauan Riau. Dari Singapura sebenarnya deket  banget, cuma 60-75 menit naik ferry udah sampai. Tapi ide ke bintan biasanya cuma wacana aja karna ujung2nya ga jadi karna satu dan lain hal. Selama 5 tahun kita disini baru pas long weekend kemarin akhirnya kita beneran staycation ke Bintan. Itu juga gara2nya si nyah rumah impulsif booking hotel karna stress daftar sekolah keca. hihi.. Untung Arief memaklumi kelakuan istrinya yang butuh hiburan.

Kita stay di Bintan Lagoon Resort. Sekarang Bintan Lagoon Resort (BLR) sudah ada direct ferrynya dari Singapore, aku booking tiket ferrynya di website Journeyful,  ternyata bayi kena charge juga seharga anak2. Pas hari keberangkatan turun hujan deras banget, sempet kawatir perjalanan ferry kita bakalan ketemu ombak2 gede. Langsung kebayang pengalaman jackpot pas whale watching di Goldcoast. err... Untungnya pas kita nyampe Tanah Merah Ferry Terminal hujannya udah berhenti total.

Habis nukerin print out bookingan ferry dengan boarding pass di Mozaic Lines dan check in bagasi, kita nyempetin small lunch di Kopi Tiam. Gak lama udah waktunya boarding dan langsung masuk ferry. Sepanjang proses check in dan nunggu boarding alea bobok di strollernya, udah berdoa semoga alea tetep anteng bobok selama di ferry. Eeh..pas memasuki ferry alea malah melek. huhuhu...

Perjalanan sekitar 75 menit dan ALHAMDULILAH ombaknya ga begitu terasa, kita sengaja milih duduk di deck bawah dan bagian belakang. Katanya posisi disitu yang paling ga berasa ombaknya . Kondisi ferrynya sih masih bagusan ferry yang ke batam, kursinya nyaman tapi covernya bukan kulit. Keisha untungnya asik nonton film Ice Age yang diputar di TV ferry, sementara alea jungkir balik di kursi sambil kusuapin potato chesseball untuk makan siang. *lap keringet*

Begitu ferry memasuki pelabuhan langsung disuguhin pemandangan pantai putih yang cantik banget.. Yeay holiday officially start! BLR ternyata punya imigrasi sendiri juga, dan setelah proses imigrasi yg cepet udah ada shuttle bus yang nunggu buat anter kita ke hotel. Walaupun sebenarnya kalau mau jalan kaki ke hotelnya juga deket banget.

I smell Sea!!
First impression sih bagus, di lobi hotel para tamu disambut tari2an selamat datang dan compliment drink. Sementara aku ngurus proses check in, anak2 dan Arief nonton welcome dance. Seharusnya siih bisa menghibur kalau saja proses checkinnya juga sigap. Padahal aku yg ada di antrian pertama loh, tapi untuk urus2 administrasinya aja lama banget. Receptionisnya bolak balik kebelakang entah ngurusin apa, masa aku harus nunggu setengah jam sampai untuk tanda tangan, dan kunci belum bisa dikasih karena kamarnya baru siap jam 3 sore. Selama nunggu kamar siap Keisha main bilyard di lobi hotel. Jam 3 lewat aku balik lagi ke recept untuk ambil kunci dan mesti antri lagi..gerrh... Mau marah2 tapi ntar bikin antrian panjang dibelakang makin lama, jadi ya sudahlah.

sambil nunggu kunci motion bayi dulu dengan latar lobi resepsionis
Kamarnya quite good, nyaman dan bersih. Pas mo naruh makanan2nya alea ternyata fridgenya ga dingin. telpon ke housekeeping dan untungnya langsung diganti sih. Sore itu Keisha langsung minta berenang di poolnya. BLR punya dua big swimming pool, both are nice. Satu untuk adult yang ada bar dan volley net, satu lagi family pool yang kedalamannya 200 m - 1.2m dan ada slidenya.  Kita tentu saja milih berenang di family pool. Keisha langsung ganti baju dan nyemplung ke kolam sementara aku ganti baju Alea dengan celana renang. Surprisingly Alea happy banget di kolam renang. Last time kita kenalin alea berenang dia nangis dan ga suka. Eh disini malah ketawa2 happy sampe bibirny biru langsung buru2 kuangkat aleanya, selimutin pake handuk tebel dan kususuin.

Besok paginya sarapan dengan menu buffet yang lumayan beragam, pancakenya enak banget. Tapi aku perhatiin selama 2 pagi breakfast menunya ga ganti2, padahal untuk hote. Habis breakfast Keisha bilang mau nyari seashell di pantai. So off we went to the beach. Pantainya bagusss banget! Pasirnya putih dan halus, air lautnya pun tenang jadi anak2 bisa aman main disana. Keisha bolak balik nyari seashell dan bikin sand castle. Kalau alea ko tiba2 jadi takut di pantai. Padahal waktu di Bali dia cuek aja main pasir, sekarang malah  nangis injek pasir.

Bosen main di pantai Keisha minta pindah berenang di swimming pool. Nah kalau disini Alea juga mau main air, sampe akhirnya kecapean dan bobo di day bed. Sementara Keisha berenang sampe tangannya keriput semua ga mo berhenti2. Anakku gosoong song kaya dakocan. Baru mau berhenti karna kubilang dia bisa main di kids club. Eh tapi habis ganti baju dia ga mau main di kids club maunya batik painting aja. Cukup bayar 170rb rupiah untuk kain ukuran S dan kita bisa pilih gambar apa aja untuk diwarnai. Lumayan deh buat ngisi waktu.

BLR tuh luas dan gede banget deh, banyak aktifitas yang bisa dilakukan disini. Selain 2 swimming pools, water sport activity, ATV, golf, rental sepeda, Kids Club, dll. Tapi untuk menikmati fasilitas lain itu kita harus mengeluarkan uang ekstra, dan rata2 hampir semua dicharge dalam SGD, walau ada beberapa yang dalam rupiah, tapi dikursnya sesuai rate SGD. Kaya untuk kidsclub kita harus bayar SGD 16.50/hari.

View from Lobby
Adult swimming pool. Luaasss!

Look Mom, Flower!

Imigrasi yang ternyata cuma 5 menit dari lobi hotel

Jalan dikit udah ketemu pantai
Sayangnya kita ga sempet cobain semua activity karena hujan sepanjang sore hingga malam di hari kedua. Blessing in disguise sih soalnya dompet jadi aman. hihihi.. *evilishgrin*. Berhubung ga bisa kemana2 pas hujan aku nemenin Alea bobo sore. Keisha dan Arief main pingpong dan ular tangga di function hall. Sementara besok paginya habis breakfast kita langsung check out.

Berhubung ga ada restoran atau café deket2 resortnya dan kita juga males keluar, kita makan di dalam resort aja. Selama disana kita cuma makan di café Verandahnya dan buffet di Kopi - O. Harga menu di Verandah Café sekitar 9-16 SGD perporsi. Kalau buffetnya di Kopi -O $38/adult belum nett. Ohiya harga tersebut belum termasuk drink. Buffetnya ga ada sushi atau seafood segar, rasanya pun standard, ga istimewa dan minum mesti beli lagi. Mendingan makan di Sakura Buffet deh.

Sebenarnya malam terakhir pengen dinner di Rice, seafood restoran di pinggir pantainya. Tapi dari sore malah hujan, sementara menuju restoran itu ga ada shelter. Ga sempet foto2 juga pas makan. Bawa tongsis juga lupa! Aduh gimana mo jadi seleblog ini kalau ga eksis foto2. Tapi ya ga kepikiran deh, lagi fokues nyuapin bayi yang tetiba nolak makan dan ga mau didudukin di baby chair. Si bayi cuma mau makan tomat, jagung dan kacang polong, kentang rebus dan telor rebus mau akhirnya pas disuapin di kolam ikan. *sigh*

Alea lagi diet. *mommypening*
Selain pengalaman di receptionisnya yang payah banget, staff2nya helpful dan ramah banget. Mereka sigap banget ngebantu kalau kita perlu sesuatu. Berapa kali aku ditolong dibawain stroller pas ngelewatin tangga dengan stroller. Pas bagian imigrasi mo keluar bintan kita juga didahulukan karna paspor Indonesia. 3 hari 2 malam di Bintan cukup lah untuk refreshing sebelum kembali ke rutinitas.

1. pantainya bersih ya...

bintan emang pada bilang bagus ya... gua belum pernah...

2. Arman : Pantainya emang bagus banget sih man. cuma bintannya sendiri sayangnya udah komersil banget.

3. kalo harganya semua SGD, gak perlu nuker IDR dong yah. Apa karena pengunjung kebanyakan dari Sin?

4. Ga perlu sebenarnya mba, karna bisa discharge langsung ke kamar sih. Tapi konsekuensinya ratenya jauh lebih mahal daripada di money changer langganan. Pasar utamanya sih memang penduduk sing.