Friday, October 10, 2014

Lari Estafet Pertama

Bloomberg Square Mile Relay (BSMR) merupakan event lari yang khususnya diikuti oleh perusahaan2/organisasi. Event ini dilaksanakan di 3 kota besar, London, Singapore dan Hongkong. Nah di Singapura diadain pas tanggal 2 Oktober kemarin di Promontory @ Marina Bay.

Kantor gw pastinya ikut berpartisipasi dong di event ini. Ga tanggung2 pake kirim dua team segala. Satu team terdiri dari 10 orang dan masing2 harus berlari di lintasan sekitar 1.6km atau 1 mile. Dengan kecepatan terbaik loh. Soalnya ini kan kompetisi.

Sebelum event kita sempet latihan demi memperbaiki waktu lari kita. Rata2 kan lari 1 km sekitar 8-9 menit dengan pace 7-8 lah, tapi kalau pake waktu segitu bakalan lelet banget di BSMR. Seminggu sebelum event kita  nyoba lari sprint di East Coast Beach, dan kurang memuaskan. hihi.. Habis latihan sprint dilanjut dengan makan2 chili crab dan pepper crab di Red House Seafood. Larinya 20 menit, makan2nya hamper 2 jam. Lemak keluar < lemak masuk. Merem ajalah sama ancaman kolesterol.

Biar  makin keceh dan terlihat kompak di foto, kita sampe bikin kaos baru untuk event ini. Gaya lah pokoknya, tim lain lewaaat...

Flag off mulai jam 7 pm, tim lari office udah siap dong di Marina Bay sejak jam 6.15pm. Dasar Tim Hore, bukannya waktu lebih dimanfaatin buat susun strategi kek. Ini malah kita poto2 muluk, selfie, trus update status dan gosip2.






Office Full Team
Sementara kalau liat tim runner lain mereka lagi pemanasan dengan serius. Dari yang tadinya kita ketawa ketiwi sampe tiba2 diam semua ngeliatin team lain satu2. "we're doomed,  man" kata temen gw. Peserta lain keliatan banget deh atlitnya, kakinya panjang2 dan berotot. Sementara kita tiap latihan weekly run tujuannya selalu ke tempat makan. Abis lari langsung makan, gimana ga tim lari-makan-hahahihi?

Satu2nya atlit di tim kita cuma Riva dan Pak Dwi si atlit triathlon tapi last minute dia harus meeting di Jogya. Jadi si Riva disuruh lari dua kali buat nutupin kekurangan orang.

Akhirnya flag off juga, seru banget pas liat orang2 lari. Dan wow! mereka cepet2 bangeeet!! Pelari pertama bahkan ada yang udah sampe finish dalam waktu 4 menit! Gw langsung suudzon, dia pasti pake sepatu yang ada rodanya deh!

Gw pelari ketiga dalam team, jadi udah mesti siap2 nungguin temen gw yang pelari kedua untuk serah terima tongkat estafet. Satu persatu orang2 sebelah gw udah beralih tongkatnya, temen gw belum datang juga. Duuh ga sabar nih pengen ikut lari juga. Adrenalin gw langsung naik di tengah keramaian ini. Gw pasti bisa lari cepat nih!






5-4-3-2-1 Off!!

 
 
 


Akhirnya gw liat temen gw berlari menuju finish dan langsung gw samperin untuk ambil tongkatnya. Pas tongkat udah ditangan langsung dong gw melesat lari secepat mungkin. Keren  banget rasanya ketika satu persatu gw bisa nyusul pelari depan gw.

Tapi ternyata cara gw itu salah banget sodara2.. Langsung lari cepat di start itu is a BIG NO NO! Apalagi yang undertrained kaya gw gini. Pas putaran sekitar 300 meter langsung berasa ngap-ngap. Jantung berasa mo coplok, semakin gw berlari, liat lintasan serasa melayang. Gw salah lari langsung ngebut karena terpengaruh euphoria orang2 sekeliling yang larinya cepat2 banget. Well, mereka pelari, gw ngak. Jadi gw lupa untuk nyesuain pace gw sendiri. Jelas ajalah jantung gw kaya balapan kuda.

Pelan2 gw mulai turunin pace gw sambil atur napas. Gw harus bisa ngembaliin ritme gw dan menjaga supaya ga pingsan. Rasanya itu 1.6km terlama buat gw. Finish mana finish? ko ga nyampe2 sih...
Klo ga sama manajer kantor rasanya pengen tiduran aja dilintasan. Tapi aku takut diomeliiin...

Gw akhirnya lari dengan kecepatan yang slooow tapi yang penting nyaman buat  gw. Ketika akhirnya menuju finish langsung semangat lagi dan nyerahin tongkat ke temen. Legaaa banget pas akhirnya tugas gw selesai. Langsung menuju tempat team gw kumpul dan selonjoran... Udah ga peduli deh running time gw berapa, yang penting sampe finish! Oh dan semoga lumayan banyak kalori yang terbuang, gw keringetan gobyos soalnya. Ada lah ya 200 kal? yeah you wish..

Sambil nungguin temen2 selesai giliran larinya, pelari yang udah selesai bisa nukerin kupon dengan makan malam dan dessertnya serta minuman2. Timing team juga bisa dicetak, waktu gw ternyata 9.31 not best PB at all! Riva 5 menit doong!! Dua kali lari dan waktunya sama2 5 menit. Hebat deh atlit! bow down!

Udah bisa ketebak lah ya tim kita paling buntut. Walau ga terakhir2 amat siih.. Kalau diliat timingnya tim lain, tiap pelari mereka bisa 4-5 menit dong. Jauh beda kelasnya.

Pulang kerumah untung anak2 belum bobok. Habis bacain kaka bedtime story, trus ngelonin Alea sampe tidur. Baru deh papa mama time. ... "Sayang, pijetin kaki aku dong..sayang..."
Ikutan lagi? maybe next year dengan training yang lebih baik pastinya.

No comments:

Post a Comment