Thursday, September 03, 2015

Tahukah kamu

.. manfaat membawa bekal ?

Hampir sepanjang umur saya, dari sejak SD (karna memory pas TK saya sudah ga ingat) hingga sampai sekarang di dunia kerja, saya selalu bawa bekal makanan. Menurut saya sih bawa bekal itu justru banyak keuntungannya. Harusnya ada program "Dukung Gerakan Membawa Bekal Makanan" karena sayangnya masih banyak yang menganggap sebelah mata masalah perbekalan ini, dengan alasan ribet atau malu bawa bekal ke sekolah. Entah malu dianggap ga mampu jajan diluar, atau malu ga terlihat keren karna mesti bawa2 kotak makan siang.

Percaya ga, saya bawa bekal dari sejak SD gara-garanya setiap saya jajan dikantin, besoknya saya langsung sakit demam dan amandel bengkak karna terlalu sensitive dengan kebersihannya. Sementara teman2 saya yang lain bisa dengan santainya jajan es kebo dan sehat2 aja tuh.

Walaupun dulu sempat kesal karna "dipaksa" mamah yang nyelipin bekal ke tas sekolah. Sekarang akhirnya jadi kebiasaan yang ditularkan ke orang2 serumah. Arief misalnya, setiap hari selalu bawa bekal ke tempat kerjanya. Keisha sejak masuk SD padahal kami kasih uang jajan loh, tapi dia malah memilih untuk bawa bekal dari rumah. Katanya dia lebih suka makanan dari rumah daripada yang dijual di kantin. Well lets see sampai kapan dia bertahan ga jajan dikantin. hihi...

Berikut nih alasan-alasan kenapa orang2 mesti mulai membawa bekal makanan dari rumah.

1. Lebih sehat. Udah pastilah masakan rumah lebih terjamin kualitasnya dibanding jajan pinggir jalan. Asal bekalnya jangan isi mie goreng tiap hari ya. Itu mah sama aja. Porsinya juga bisa diatur, mau sedikit atau banyak nasinya. Buat yang lagi program diet juga malah bisa atur menu sendiri dan menjaga program nya tanpa cheating karna tiba2 tukang gado2 ga lagi jualan dan jadinya mau ga mau terpaksa makan nasi padang.

2. Hemat! Ga bisa dipungkiri ya, bawa bekal jauh lebih murah daripada jajan dikantin. Buat saya yang kebetulan kantornya dipusat kota dimana makanan dengan laukpauk 4 sehat plus minum setidaknya $10 ya lumayan juga. Kalau dari segi itung2annya, $10 x 24 hari = Energy boost Adidas. Ini namanya cerdas dan penuh perhitungan!

3. Efisien. Sering bingung mau makan apa, dimana, sudah direstoran tapi ga tau mau pesen apa. Atau bahkan malas keluar untuk beli makan. That's me! *tunjuk tangan* Apalagi yaa disini mana ada OB/OG yang bisa dititipin beli pecel ayam di warung ayam penyet. Sementara kerjaan lagi ribet2nya bikin tambah malesss buat keluar cari makanan. Bawa bekal, No Worries! Oh satu lagi keuntungannya ga perlu keluar beli makan siang, kulit muka aman ga kena sinar matahari jam 12 siang yang lagi jahanamnya.

4. Menu beragam. Dulu waktu hamil Alea, berbulan2 ga bisa bawa bekal. Karena saya ga sanggup dengan aroma makanan dari bekal yang ditenteng selama perjalanan kekantor. Tau kan sensor penciuman derajat kesensitifannya naik 10 tingkat kalau lagi hamil, plus selalu mual kalau cium bau makanan. Akhirnya mau ga mau jadinya jajan deh. Lama2 bosen juga dengan menu restoran/foodcourt yang di sekitaran kantor. Ayam penyet, soto, gado2, mie ayam, fastfood, balik lagi itu lagi. boceeen... saya kangen nasi rames...

5. Ajang kreatifitas. Sekarang udah banyak loh yang bekal2nya dibentuk seperti Bento2an. Lucu2 deh pernak perniknya. Jadi bikin semangat untuk makan. Salah satu food artist  @leesamantha awalnya dia iseng2 berkreasi dengan menu anak2nya, I love her version of "The Evil Queen" badewei, tujuannya sih supaya anak2nya tertarik mau makan sehingga hasil makanannya dipresentasikan secantik mungkin dan posting di instagram. Turned out ga cuma anak2nya Samantha yang suka tapi juga ribuan followernya.

6. Penyelamat keadaan. point ini buat saya sih. Kadang kalau diajak teman makan siang bareng, sementara orang tersebut rada geungges dengan obrolannya yang ga penting, saya suka beralasan bawa bekal. I know... It sounds so lame, but it works many time. :)

Ga bisa gaul? siapa bilang. Sometimes I also go out lunch with my friends, ga perlu strict2 amat kok harus ngebekal tiap hari. Have a good company at lunch is kind of refreshment before you go back battle with your work for the rest of the day.












No comments:

Post a Comment