Thursday, May 19, 2016

Dibalik Little Book Nest

Dari kecil saya suka banget baca, bahkan hiburan terfavorit di kala lagi liburan sekolah dulu adalah gramedia Citraland, yg sekarang namanya jadi Ciputra. Dulu mama saya biasa ninggalin saya di Gramedia berjam2 untuk baca buku gratisan sementara dia keliling ngemall. Saya sih ga keberatan sama sekali, malah super happy ketemu surga buku yang bisa dibaca sepuasnya walau kaki pegyel berdiri 4 jam cyiin..

Koleksi buku cerita juga lama kelamaan bertambah hingga ratusan buku dari hadiah orang-orang terdekat ataupun hasil nabung dari uang jajan tiap minggu. Hanya dengan memandang lemari yang berisi ratusan buku-buku saja, hati hamba rasanya bahagia sekali. Bolak balik dielus, disampulin plastic satu-satu, lemarinya dikasih kapur barus biar wangi dan awet. Sampai akhirnya iseng-iseng bikin klasifikasi buku sendiri ala-ala anak SMP trus kepikiran buat bikin penyewaan buku. Yang nyewa teman-teman dekat rumah/sekolah. Sayangnya rental bukunya cuma berjalan sebentaar banget, karna sayanya keburu kecewa duluan dengan banyak buku-buku yang ga balik atau lecyek dan sobek. Koleksi buku saya beragam loh, dari buku sejarah biografi, filsafat sampai komik pun ada.

Waktu kecil cita-cita saya jadi petugas library biar bisa pinjem buku sepuasnya. Udah gedean dikit cita-citanya naik dikit dong, pengen punya book café! Mulia sekali yah!

Lalu cita-cita impian menguap tertelan kesibukan mencari duit buat biaya nikah dan semakin hanya menjadi angan-angan belaka.

Alhamdulillah..masih suka membaca buku, walau setelah punya anak, genre buku bacaan favorit hanyalah buku fiksi dan buku anak. Buku anak bagus2 yah sekarang, malah saya jadi punya beberapa penulis buku anak favorit. Kebiasaan membaca buku pun saya tularkan ke anak-anak. Impian punya toko buku sendiri tetap ada dan tersimpan dengan rapih

Sejak berhenti kerja awal tahun kemarin, mulai deh kepikiran untuk beneran mewujudkan impian yang tertunda sekian lama. Berhubung masih newbie bikin usahanya juga kecil-kecilan, online book shop khusus buku anak-anak. Kenapa buku anak-anak? karena saya jatuh cinta dengan banyaknya buku anak-anak yang bagus, simple tapi bermakna. Selain itu saya jadi punya alasan ke suami kalau beliin buku buat anak-anak. "Buat sampel ini, Pah....."

Alhamdulilh Maret 2016 kemarin kesampaian launching akun online book shopnya @littlebooknest.
Online book shopnya masih mini, cuilik, dan bukunya juga belum beragam, malah kadang-kadang keburu dikekepin duluan diketek sama anak-anak dan ga jadi dijual. *niatjualankurangkuat* Beda jauhlah dengan ols buku-buku lain yang pengiriman bukunya sudah berkodi-kodi.




Sengaja memang ga ambil margin banyak2, malah kayanya jual buku cuma dapat untung pahala saja, karna sisi idealis saya mungkin ya, yang menganggap bahwa buku seharusnya ya bisa affordable untuk semua orang. Apalagi kesempatan untuk menimbulkan minat baca ke anak-anak ya sebaiknya sedari dini. Kalau terkendala karna mahalnya harga buku kok ya sayang banget padahal buanyaaak banget buku-buku bagus.

Oh dan walau sekarang banyak perpustakaan-perpustakaan dengan koleksi buku yang juga bagus-bagus. Pasti banyak yang setuju juga kalau rasanya beda dengan punya buku sendiri yang bisa dimiliki, dipajang, dilihat dan dibaca kapan saja.

Sempat maju mundur syantiek dalam proses lahirnya @littlebooknest. Alhamdulillah dapat banyak dukungan dari orang-orang terdekat termasuk kaka ipar yang bersedia jadi partner di usaha ini. Kaka ipar yang sabar dan easy going pas banget untuk ngurusin order dan meladeni pertanyaan yang masuk lewat watsapp. Klo saya sih kebagian yang enaknya sajah, belanja buku!

Hatur nuhun sangat dengan teman-teman yang sudah bersedia memfollow akun instagram @littlebooknest dan rela dibanjiri timelinenya dengan postingan buku-buku kami. Terima kasih juga yang sudah memberikan tanda "love" atau "like" di sosmed. Percayalah it means a lot to us. Ga perlu dishare atau repath, cuma dengan tanda "love" atau "like" saja sudah memberikan dukungan moril untuk kami. Sesama pedagang olshop mana suaranya????........

Alhamdulilah.. setidaknya satu wish list yang selama ini selalu ada di setiap pergantian tahun bisa dicentang. Semoga kedepannya bisa beneran bikin offline bookshop. Boleh minta Aminnya?

Yang lagi nyari buku anaknya kaka...mari mampir ke akun ig @littlebooknest nyaaah... bakal ada stock baru looh...Kami juga bisa PO buku anak yang ga ada dilist kami loh. Sayang anak..sayang anak.... *numpangjualan* :p






No comments:

Post a Comment