Monday, May 09, 2016

Salmon Teriyaki With Pineapple Sauce

Sekali-kalinya nih posting makanan di blog ini, semenjak ditinggal Mbak Asih si belahan hati, saya kembali memasak untuk seluruh keluarga. Sebenarnya dari semua pekerjaan rumah tangga yang paling saya hindari adalah memasak. Dari dulu sebel aja dengan prosesnya yang lama, potong ina itu, belum lagi bumbunya (tau sendiri kan masakan Indonesia yang selalu pakai rempah-rempah gemah rimpah meruah). Setelah selesai masak juga hati belum bisa tenang menikmati masakannya, dapat salam dari cucian piring segunung.

Makanya.... saya suka sekali dengan menu yang simpel2 ringkas cepat dan tangkas (macam sikap pramuka), seperti menu dibawah ini. Sengaja ditulis di blog supaya saya bisa intip kapan saja. Nyadar dengan keterbatasan memory otak yang belum diupgrade semenjak kelahiran anak kedua.

......................

SALMON TERIYAKI WITH SALSA SAUCE.

Resep awal dari @healthyfitnessmeal tapi saya modifikasi sesuai bahan yang ada.


Bahan :
Salmon fillet dilumuri lemon dan garam, lada hitam, dan oregano cacah (oregano aku tambahin sendiri karna sukaa dengan apapun dengan oregano)

Saos Teriyaki :
2 sdm kecap manis
1/4 cup air
11/2 sdm madu
1 sdt bawang putih cacah
1 sdt jahe cacah
1/2 sdt minyak wijen
2 sdt tepung maizena (karna ga ada aku ganti tepung ubi)

Pineapple Salsa :
1 cup nanas potong dadu kecil
1/4 cup bawang merah cincang
perasan lemon
3 chili padi potong kecil
(resep asli pakai jalapeno, cilantro)


Eksekusinya :

Panakan oven 170 derajat, masukan salmon kedalamnya.
Sementara itu buat teriyaki saosnya di panci kecil. Masukan semua bahannya kecuali tepungnya yang paling terakhir. Aduh hingga mengental.
Keluarkan salmon setengah matang, lumuri dengan saos teriyaki. Lalu masukan kembali ke dalam oven hingga bumbu meresap dan salmon matang.

Sediakan hangat dengan Pineaapple salsanya dan nasi putih.

Sebelum dimasukkan ke oven kedua kalinya











No comments:

Post a Comment