Wednesday, January 24, 2018

Seberapa Pentingnya 'Daily Schedule' untuk Anak

Hello, 2018!

Awal tahun buat gw berarti kembali lagi dengan rutinitas. Welcome #domesticlyfe. Setelah sebulan lebih anak-anak libur sekolah, bisa bangun agak siang, time for family bonding, bisa bobok siang...aaah lyfee. January kembali dengan nyiapin keperluan anak2, nyusun menu 4 sehat 5 sempurna, nganter anak les dan nemenin anak belajar, pokoknya mommies duties lah. 

Sebulan libur tanpa nyentuh buku pelajaran efek brain freezenya malah keterusan ya. Susaaaah banget nyuruh Keisha belajar selama 1-2 minggu pertama. Padahal peer nya udah ada tapi mesti deh kesel2an dulu dan gw mesti narik urat untuk nyuruh dia mulai ngerjain. Mana jadwal after schoolnya jadi berubah juga tahun ini. Karna dia bakal ikut competition dan performance jadwal CCA nya jadi dua hari. Belum lagi dia terpilih ikut di science program, jadi mesti ngubah semua jadwal tuition les dia diluar sekolah. Berasa ribet karna otak santai gw ikutan kaget sama jadwal anak2. hahahha..

Sampai akhirnya gw bikin buat Daily Timetable buat Keisha. Simple banget sih isinya cuma jadwal sekolah-les-hw time. Tampilannya juga cenderung plain, gw bikin pake karton bekas yang ada dirumah dan stiker2 doang. Asli gak meriah sama sekali karna gw kan gak artsy orangnya. Standar banget lah, tapi setelah bikin ini rasanya jadi mudaaah banget hidup gw. 

Yang dulunya gw nyuruh keisha bikin peer bisa sampe ngingetin 5 kali, dari nada datar hingga tinggi 7 oktaf baru anaknya bergerak itu juga sambil ngedumel. Sekarang gw ga perlu lagi ngingetin keisha bikin Peer. Dia tinggal liat di timetablenya aja kapan jadwal ngerjain peer, kalau udah pas di jam-nya dia ambil buku peernya dan langsung ngerjain sendiri, without i have to yell!! (ketauan ya gw ngomel2 mulu) *masukin tanduk lagi*





Biarpun gak cantik dan serapih ala-ala pinterest, ala kadarnya sesuai dengan gw yg tidak artistik, tapi manfaatnya Gan.*kasih simbol 'Ntap!'* Emang anak2 gitu kali ya mesti dikasih rutinitas, dikasih rule malah bisa sadar dengan sendiri.

Ini jga gw mulai kasih house chores ke keisha cuma yg simple banget sih. Hal2 kecil yang harusnya dia udah bisa ngerjain sendiri seperti ngelipet mukena dengan rapih setiap habis solat. Biasanya dia gulung2 doang taruh meja. *rollingeyes* Gw sengaja gak nyuruh macem-macem dulu karna kasian juga tiap hari udah capek dengan tugas sekolahnya. Bisa ngelipet mukena dengan rapih juga gw cukup hepi. 

Eniwei ini bukan pertama kalinya sih bikin schedule begini. Tahun lalu dan tahun sebelumnya gw juga selalu bikin time table gini sih, tapi lebih simple cuma di kertas A4. Gak ciamik lah. Itu juga lumayan bikin gw dan dia teratur jadwalnya. Hanya yang sekarang lebih detail dan gw juga melibatkan keisha untuk bikin jadwalnya jadi anaknya ikutan excited dan merasa bertanggung jawab dengan apa yg dia tulis. 

Kelar bikin jadwal Keisha eh adeknya ngiri minta dibikinin juga. Jadilah bikin versi toddlernya. 

yang penting anaknya hepi. udah.


Dan komentar Keisha adalah : "So good she doesnt need to do homework!"HAHAHA...Mohon maklum dengan gambar yg setara anak TK. Drawing is not really my thing. 

Ooh.. last but not least. Gw juga bikin schedule untuk diri sendiri. Setelah bertahun-tahun selalu bikin resolusi yang pada kenyataannya biasanya hanya terlaksana di 3 bulan pertama,  Tahun ini gw mengubah resolusi dengan Daily Habit Tracker karna lebih spesifik dengan apa yang gw mau. 
Nope gw gak beli bullet journal atau planner apapun. Soalnya yang kebanyakan dijual toko gak sesuai dengan apa yang gw inginkan. Jadi ya gw handmade lagi. Banyak kok contohnya di pinterest dan  bisa disesuaikan dengan kebiasaan baik apa yang kita ingin rutinkan.

Kalo gw misalnya dari segi kesehatan pengen rutin tiap hari makan buah karna selama ini gw malessss banget makan karna mesti ngupas dulu. Hahaha.. Sama jadwal tidur gw yg ngaco banget selalu di atas jam 12. Ga heran mata gw semakin kaya panda. Sekarang gw berusaha ngubah kebiasaan dengan tidur dibawah jam 11 malam.
Apalagi yaa ooh..iya gw pengen nyempetin baca buku dan pengen belajar main piano dengan latihan tiap hari misalnya. Something simple like that, yang kalau ga diingetin, gak ditulis gede2 di dinding dan gak terbaca ya gw bisa lupa. Semoga beneran bisa bertahan sampe akhir tahun. Bring it on 2018!!


2 comments:

  1. Bikin daily schedule gini diskusi dulu sama anaknya gak sih? supaya dia tau apa yang harus dikerjakan sesuai waktu gituuh. Atau anak terima beres aja?

    ReplyDelete
  2. Temukan inspirasi dekorasi interior rumah dan model furniture terbaru dari desain minimalis sampai dengan klasik
    furniture jepara terbaru

    ReplyDelete